Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas luka tahi lalat

  •  Evans Moris
    Anggota

    Selamat Sore Dokter..

    Saya ingin tanya,beberapa hari yang lalu saya menghilangkan tahi lalat saya menggunakan kapur sirih dan sabun colek..tapi ada bekas luka nya dok.. gimana cara menghilangkan bekas lukanya dok?

    dan,apakah tahi lalat yang sudah dihilangkan akan tumbuh kembali?

     

    Evans Moris  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Evans,

    Ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat mengenai metode menghilangkan tahi lalat, salah satunya dengan kapur sirih dan sabun colek. Penggunaan kapur sirih dan sabun colek beresiko menyebabkan iritasi pada wajah dengan gejala kulit kemerahan, perih, panas, mengelupas, melepuh, dan bisa meninggalkan bekas kehitaman.

    Apakah saat ini luka iritasi sudah benar-benar sembuh atau masih iritasi? Jika masih iritasi, sebaiknya iritasinya ditangani terlebih dahulu ya. Anda bisa menggunakan soothing cream dan pelembap serta tabir surya. Apabila iritasinya cukup lebar atau dirasa berat, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter supaya diberikan penanganan misalnya dengan krim berisi steroid dan antibiotik bila perlu.

    Setelah iritasi sudah sembuh dan tinggal bekas kehitaman, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk membantu mempercepat memudarkan bekas luka yaitu:

    • Gunakan krim yang mengandung pencerah dan vitamin E
    • Gunakan tabir surya agar bekas luka tidak bertambah hitam
    • Lakukan scrubbing wajah dan home peeling bila perlu
    • Kamuflase dengan kosmetik misalnya foundation dan concealer

    Apabila Anda ingin cara yang lebih efektif untuk menghilangkan bekas luka, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit secara langsung supaya bisa diberikan penanganan yang lebih maksimal misalnya dengan laser, chemical peeling, mikrodermabrasi, dermaroller, dan pemberian krim khusus.

    Untuk tahi lalat, terkadang bisa saja tahi lalat tumbuh kembali. Hal ini bergantung pada kondisi tahi lalat dan juga metode penghilangan tahi lalat yang dilakukan. Apabila Anda ingin menghilangkan tahi lalat, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter kulit atau dokter bedah agar bisa dilakukan penghilangan tahi lalat dengan lebih aman dan efektif, misalnya dengan cauter, cryotherapy, bedah eksisi, dan bedah cukur.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Menghilangkan tahi lalat
    Menghilangkan bekas luka

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y