Tanya Dokter

  • Gatal-gatal pada penderita diabetes

  •  Yulius Taat
    Anggota

    saya yulius ,ortu saya sakit diabetes dan tinggi di atas normal pertanyaan saya kenapa badan nya jadi gatal2 ya ..dan kaki nya bengkak sebelah kanan di telapak kakinya ,tolong jelaskan dan gmn cara menyembuhkan nya .. tks

    Halo, Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit degeneratif bersifat kronis yang dapat menimbulkan gejala pada organ-organ termasuk pada kulit. Kadar gula yang tinggi pada pengidap diabetes dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga terjadi gangguan pada pembuluh darah kecil maupun besar disertai gangguan saraf tepi. Gejala gatal yang dapat timbul pada diabetes adalah gatal-gatal di kulit yang kemungkinan disebabkan oleh keadaan berikut ini:

    • kulit yang kering
    • infeksi jamur (individu dengan diabetes rentan terkena infeksi)
    • aliran darah yang tidak lancar
    Bengkak pada salah satu kaki dapat menjadi pertanda yang mengarah pada infeksi, terlebih pada individu dengan diabetes yang sudah lama, cenderung memiliki gangguan di saraf tepi, sehingga rasa sakit akan sesuatu menjadi tumpul. Adanya luka di kaki kadang-kadang tidak disadari karena tidak ada rasa apapun, akibatnya dapat meluas menjadi borok. Selain akibat infeksi, bengkak pada satu kaki dapat juga disebabkan gangguan pembuluh darah balik di kaki akibat katup di pembuluh kaki yang tidak berfungsi dengan baik (insufisiensi vena kronis) sehingga timbul bengkak. Bengkak di satu kaki juga dapat disebabkan oleh regangan otot akibat cedera otot. Gejala bengkak disertai rasa nyeri. Pencegahan dan penanganan pada rasa gatal:
    • menjaga gula darah agar tetap terkontrol, dengan target rata-rata gula dalam 3 bulan (HbA1c) <7% (melalui pemeriksaan lab)
    • mengatasi infeksi jamur (jika ada) dengan obat antijamur
    • menjaga kulit agar tetap lembab, tidak kering, misalnya dengan menggunakan lotion
    Pencegahan dan penanganan bengkak disesuaikan dengan penyebabnya, yaitu:
    • rajin memeriksa daerah kaki, agar jika ada luka sekecil apapun segera diobati
    • selalu menggunakan alas kaki agar tidak mudah terkena benda-benda yang dapat melukai daerah kaki
    • jika disebabkan oleh cedera otot, kaki dapat dikompres dengan es batu dan kaki  sementara diistirahatkan dahulu
    Temui dokter langganan Ibu Anda mengenai penanganan yang terbaik untuk keluhan gatal dan kaki bengkak tersebut dan lakukan kontrol secara teratur agar gula darah selalu terkendali. Artikel berikut ini memuat lebih jelas mengenai: Diabetes dan mengatasi diabetes Kaki bengkak Salam, dr.Miranti Iskandar    

    Yulius Taat  Yulius Taat
    Anggota

    tks atas saran nya dok , cara ampun nya gmn ya ..supaya pulih dengan total gatal2 masalhnya jika di garuk dikit pasti luka takutnya lukanya membesar dan parah , untuk yang bengkak apakah bahaya dan cara mudah yang bisa saya lakukan apa ya ..untuk bengkak di kakinya.