Tanya Dokter

  • Apa penyebab keputihan yang saya alami?

  •  Cindy AS
    Anggota

    halo dok , sy cindy umur 23 tahun , mau tanya mengenai keputihan. sy bingung keputihan yg sy alami tergolong yg normal setiap bulan ny apa yg tidak normal.

    Begini dok , sudah 2 hari ini , keluar keputihan hijau tapi tidak berbau sm sekali... sy bingung soal ny klu sy baca" kt ny klu hijau ,berbau , gatal itu termasuk keputihan abnormal..sementara yg sy alami tidak seperti itu..

    sbg keterangan lbh lanjut ny,keputihan ini terjadi 3 hari setelah sy masa menstruasi sy berhenti..dan lgi masa menstruasi sy kemarin cuma berlangsung 4 hari saja dok...

    kira-kira kenapa ya dok? apakah itu termasuk keputihan yg memang sll di alami stlh menstruasi selesai? atau itu terjadi gara" hubungan seksual yg menyebabkan infeksi di dlm vagina saya?

    mohon apabila di bls ...

    ke mail saya.... xiao_yuting@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya.

    Cindy AS  dr. Nofrina
    Dokter

    Hai, Vagina secara normal mengeluarkan cairan yang biasanya tidak berwana, tidak berbau, tiak menyebabkan keluhan gatal dan dalam jumlah sedikit. terkadang jumlah cairan ini meningkat dalam kondisi sebelum menstruasi, saat ovulasi dan saat terangsang seksualnya. anda harus waspadai jika cairan yang keluar pada vagina anda berwarna, gatal, berbau, dalam jumlah banyak dan nyeri. ini bisa disebabkan ileh infeksi baik itu infeksi bakteri, virus, parasit ataupun kanker. sebaiknya menjaga kebersihan wanita anda agar terhindar dari infeksi atau keputihan. kondisi vagina jangan sampai lembab. karena bisa memicu bakteri berkembang biak. periklah diri anda ke dokter untuk di lakkan pemeriksaan baik laboratorium , USG, pap smear dan lainnya untuk menegakan diagnosa. jagan mengkonsumsi obat luar sembarangan tanpa resp dokter. berikut ini laman yang berhubungan ; tanda-tanda ketidaknormalan cairan vagina semoga membantu dr. Nofrina