Tanya Dokter

  • Resiko terinfeksi hiv saat menelan sperma

  • Aku tidak tahu soal sperma, tapi apa orang tanpa sengaja menjilat atau menelan sperma bisa terkena AIDS?

    Sebenarnya aku tidak tahu. Aku hanya bertanya saja.

    Hai,

    AIDS merupakan penyakit yang diakibatkan oleh HIV (human immunodeficiency virus). AIDS sendiri berarti sekumpulan gejala yang berkaitan dengan berkurangnya daya tahan tubuh seseorang -- gejala-gejala ini utamanya disebabkan oleh infeksi. Karena infeksi ini tidak dilawan oleh daya tahan tubuh, derajatnya akan sedemikian berat dan bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.

    Virus HIV dapat ditemukan pada cairan tubuh berikut: air mani, lendir vagina, lendir anus, darah dan ASI. Meskipun ditemukan pada air mani, tidak berarti bahwa kontak antara air mani dengan selaput lendir akan menularkan virus. Virus akan menular apabila kontak tersebut mengenai darah korban, misalnya terdapat luka pada selaput lendir mulut (sariawan), atau terpapar pada kulit yang tidak utuh (luka). Virus HIV utamanya menular melalui hubungan seksual (terhadap lawan jenis / sesama jenis), dari ibu ke anak (saat persalinan) dan dari kontak darah (mis. pemakaian jarum suntik bergantian). Metode penularan lain yang secara teoritis dimungkinkan (mis. paparan air mani pada luka di selaput lendir mulut) jarang ditemukan / didokumentasikan.

    Pencegahan HIV karena itu ialah dengan menghindari hubungan seks (terutama pada orang-orang berisiko tinggi seperti penjaja seks), setia pada satu pasangan, mengenakan kondom saat berhubungan seks dan menghindari kontak darah dari orang tak dikenal (mis. menggunakan jarum suntik bergantian).

    Baca juga artikel tentang HIV

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma