Tanya Dokter

  • Mengeringkan Luka Diabetes

  • Salam dok, Mau menanyakan. Jadi ibu saya sempat kena infeksi pada luka di jempol kaki kanan, sudah sempat di operasi kecil oleh dokter untuk mengambil nanah pada lukanya.

    Nah, pertanyaan saya. Bagaimana cara lekas mengeringkan luka tersebut dan terhindar dari infeksi kembali. Dan makanan atau buah apa yg cocok untuk proses tersebut. Mengingat ibu saya juga memiliki penyakit diabetes dengan segudang pantangan makanan.

    Terima Kasih.

    Hai Adithya Untuk infeksi luka kaki pada penderita diabetes melitus yang tidak kalah penting adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap dalam batas normal. Bila kadar gula tetap tinggi maka dapat menyebabkan bakteri semakin tumbuh subur dan daya tahan tubuh menurun sehingga luka menjadi sulit kering dan dapat infeksi kembali. Selain itu pada penderita diabetes terjadi kerusakan persarafan dan pembuluh darah, sehingga pada kaki sebaiknya menggunakan alas kaki yang baik untuk terhindar dari luka, karena bila terjadi kerusakan saraf dapat menyebabkan pada saat luka tidak berasa apapun. Untuk luka kaki pada penderita diabetes melitus dibutuhkan pengobatan serta pengawasan lebih rutin pada dokter, diperlukan juga pengobatan dengan antibiotik yang tepat sesuai anjuran dari dokter serta perawatan luka dirumah, misal mengompres luka dengan kassa yang telah dibasahi rivanol. Kontrol secara rutin pengobatan diabetes agar kadar gula darah mencapai target normal, serta menjaga pola makan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pengobatan diabetes melitus tipe 2. Komplikasi diabetes melitus tipe 2. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william