Tanya Dokter

  • Apa saja ciri-ciri terkena sipilis

  • Siang Dok, saya mau tanya. Sudah 21 hari yang lalu, tepatnya tanggal 10/6 saya berhubungan badan dengan suami saat saya haid. Suami saya menggunakan pengaman (kondom), itu yang pertama kali Dok. Saya melakukan saat haid, makanya saya sangat takut terkena penyakit sipilis. Sudah 1 minggu kemarin saya sakit tenggorokan, lalu tulang kaki dan tangan ngilu/pegal-pegal. Dan keesokan harinya sariawan dan flu, katanya panas dalam. Sekarang saya sudah sembuh, cuma masih ada sariawan di bibir, tapi tidak sakit lagi. Kemarin-kemarin sariawan, saya sakit sekali, tapi sudah 2 hari ini tidak sakit, tapi masih ada bekas sariawannya Dok. Saya baca ciri-ciri sipilis hampir sama dengan sakit flu Dok. Memang setiap sakit, kelenjar di bawah rahang saya sakit, sama seperti kemarin, kelenjar saya sakit/pembengkakkan di dalam rahang. Apakah saya terkena sipilis Dok? Mohon dijawab, Terima kasih Dok.

    Hai Angelic Jika Anda tidak berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi sifilis, tentu tidak akan terkena sifilis. Tidak perlu khawatir berhubungan seksual saat haid asal kedua pasangan sehat dan tidak ada penyakit menular seksual. Informasi mengenai efek positif dan negatif berhubungan seksual saat haid dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Fakta-fakta bercinta saat haid/menstruasi. Untuk memastikan apakah terinfeksi sifilis atau tidak, diperlukan pemeriksaan antibodi sifilis pada darah. Sakit tenggorokan disertai panas, sariawan dan flu tidak berarti Anda terkena sifilis, gejala tersebut juga dapat terjadi pada infeksi saluran pernapasan atas dan dengan adanya infeksi biasanya akan disertai pembesaran kelejar getah bening. Untuk lebih pasti, Anda dapat memeriksakannya langsung ke dokter. Informasi lengkap mengenai sifilis dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Sifilis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    tapi saya dan pasangan saya sehat dok , ketika haid tadi berhubungan menggunakan kondom , karena itu pertama kalinya , karena selama pernikahan berhubungan tidak pernah muncul gejala seperti ini dok, ini pas kebetulan saya haid dan berhubungan , suami saya menggunakan kondom dok , jadi kemungkinan kecil saya tidak terkena sipilis ya dok .. terima kasih dok .

    Angelic Vransisca  Mas Andi
    Anggota

     

    Terimakasih.