Tanya Dokter

  • panas dalam dan pendengaran berkurang

  •  elfahsyam
    Anggota

    tenggorokan saya terasa seperti panas dalam, bagian leher menuju telinga terasa sedikit bengkak dan volume pendengaran sebelah kanan berkurang sehingga berpengaruh terhadap volume suara ketika berbicara, penyakit apa yang saya derita?  

    Halo elfahsyam......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi mendalami kemungkinan mengarah kepada sakit tenggorokan, yang umumnya terjadi oleh karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernafasan atas.

    Selain terasa seperti panas dalam atau sakit saat menelan, sakit tenggorokan juga dapat disertai dengan gejala sakit telinga di mana hal ini akan berpengaruh kepada gangguan pendengaran, jika infeksinya telah menyebabkan pembengkakan dinding atau disfungsi pada saluran atau Tuba Eustachius.

    Jika sampai saat ini kondisi Anda masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera menemui dokter spesialis THT, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : Pemeriksaan fisik khususnya bagian tenggorokan dan telinga, pemeriksaan otoskop dan laringoskop, dll., sehingga akhirnya penyebab pasti dari timbul keadaan ini diketahui, dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan kepada Anda.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati