Tanya Dokter

  • mengganti ginjal yang telah didonorkan

  • misi dok saya mau tanya, dulu saya pernah mendonorkan ginjal saya kepada saudara saya karena udah ga sempat nyari pendonor yang cocok. jadi selama beberapa tahun saya hidup dengan 1 ginjal. beberapa saat lalu teman saya mengalami kecelakaan dan sebelum dia meninggal dia bersikeras ingin mendonorkan gilnjalnya ke saya agar saya bisa hidup dengan 2 ginjal lagi. menurut dokter di dunia medis bolehkan transplantasi seperti kasus saya ini?, dan apa efek dampak dan hukumnya?, mohon jawabannya dok. terimakasih

    Hai Wahyu,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang berfungsi menyaring zat limbah darah, lalu mengeluarkannya dalam bentuk urine. Manusia memiliki 1 pasang ginjal. Apabila Kamu saat ini hanya memiliki 1 buah ginjal dimana sebelumnya telah mendonorkan ginjal ke kerabat yang membutuhkan, lalu saat ini terdapat teman yang menawarkan ginjalnya untuk Kamu, maka sebelum dilakukan donor/transplantasi ginjal akan dilakukan serangkaian tes untuk memastikan ginjal tersebut cocok dengan golongan darah dan jaringan tubuh Kamu, karena terdapat peluang reaksi penolakan tubuh terhadap ginjal tersebut.

    Dalam dunia medis sebenarnya hal ini diperbolehkan selama kondisi kesehatan dan tubuh Kamu cocok untuk melakukan tindakan transplantasi ginjal. Namun dari sisi hukum, hal ini harus tertulis dengan jelas oleh sang pendonor sebelum meninggal dan tentunya harus memiliki saksi yang sah.

    Perlu diketahui bahwa usai transplantasi, Kamu harus mengonsumsi obat imunosupresan yang berfungsi mencegah tubuh menolak ginjal yang baru. Pengonsumsiannya bukan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan, tapi seumur hidup. Jadi pikirkanlah terlebih dahulu secara matang apakah Kamu memerlukan transplantasi tersebut. Diskusikan dengan Dokter yang telah memeriksa kondisi kesehatan khususnya kondisi ginjal Kamu yang masih ada saat ini, kira-kira apakah diperlukan untuk menerima ginjal.

    Lakukan pola hidup sehat merupakan langkah yang dapat dilakukan seseorang yang memiliki satu ginjal. Hindari kebiasaan merokok, minum minuman keras, dan turinlah berolahraga.

    Demikian semoga membantu.

    dr.Annes