Tanya Dokter

  • penggunaan pil KB untuk memancing kehamilan

  •  Ovie Chamuts
    Anggota
    Dok saya sudah 1 thn lbih blum jg d kasih momongan... Awalny stlah nikah sya beli obat pil kb warung yg cuma 4000an hampir 6 bulan sya mncoba berhnti meminum pil kb krna ingin punya bayi tapi sampai saat ini mash belum d kasih juga.. Ada yang nyaranin katany suruh minum pil kb lagi katanya dipancing dulu tapi harus dari dokter.... Prtanyaan saya dok apa boleh setelah berhenti pil kb 6 bulan dn sekarng sudh 1 tahun apa boleh saya meminum pil kb lagi dok

    Halo Ovie, 

    Pertama perlu Anda pahami bahwa pil KB merupakan salah satu pilihan metode kontrasepsi, maka penggunaannya bertujuan mencegah terjadinya kehamilan. Dengan demikian, konsumsi pil KB justru memperkecil kemungkinan Anda dan pasangan untuk hamil. 

    Terkait penggunaan pil KB untuk memancing kehamilan tampaknya keliru Anda pahamil. Selain berguna sebagai kontrasepsi, pil KB juga biasa diresepkan pada wanita dengan gangguan haid akibat ketidakseimbangan hormonal. Kandungan estrogen dan progesteron dalam pil KB bertujuan menyeimbangkan hal tersebut, sehingga haid teratur. Setelah haid kembali teratur maka penggunaan pil KB dihentikan (sesuai anjuran dokter) agar kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan semakin besar.

    Bila Anda tidak memiliki permasalahan haid, maka konsumsi pil KB tentu tidak diperlukan. Anda dan suami dihimbau melakukan hubungan intim tanpa kontrasepsi secara rutin, setidaknya 3 kali dalam seminggu, terutama saat masa subur, dan terapkanlah gaya hidup sehat. Bila hubungan intim rutin tanpa kontrasepsi (termasuk pil KB) telah Anda dan pasangan jalani selama satu tahun atau lebih namun belum membuahkan keturunan, maka ada baiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan kesuburan. Diskusikanlah penyebab dan penanganan yang tepat dengan dokter yang memeriksa Anda dan/atau suami.

    Silakan baca tautan berikut :

    - tips cepat hamil

    - pemeriksaan kesuburan

    Somoga bermanfaat ya

    dr. Lili