Tanya Dokter

  • Penyebab gatal pada testis

  • Assalamualaikum dok Pada testis saya sering mengalami gatal yang tidak tertahankan dan kadang muncul ruam kemerahan.kata orang itu akibat jamur namun saya udah mencoba menggunakan salep michonazole dan kloderma tpi tidak sembuh juga.. Kadang ketika tidak tahan saya harus menggaruknya bahkan sampai iritasi 1.apakah obat yang ampuh? 2.apakah menggaruk testis dapat mempengaruhi kesehatan internal testis dan produksi sperma?
    Romansa Dwiprana  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    gatal pada daerah buah zakar/ testis dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. Gatal pada testis seperti yang anda alami, infeksi jamur mungkin merupakan salah satu penyebab yang dapat menyebabkan hal tersebut. 

    Infeksi jamur lebih sering terjadi pada daerah yang lembab dan higiene yang kurang terjaga. Infeksi jamur biasanya menyebabkan gejala seperti rasa gatal, gatal biasanya lebih hebat jika berkeringat, muncul bercak kemerahan dengan bagian tengah yang agak berbeda warna nya, dan kulit tampak mengelupas halus. Jika anda terus menggaruk maka biasanya akan menyebabkan terjadinya infeksi sekunder oleh bakteri. 

    Tetapi tidak semua gatal pada testis disebabkan karena infeksi jamur. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hal serupa seperti:

    • infeksi bakteri
    • herpes simpleks
    • skabies
    • alergi

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung terlebih dahulu ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung. dengan demikian nanti dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

    gatal pada kulit daerah testis pada umumnya jika hanya disebabkan karena infeksi jamur tidak menganggu kesehatan internal testis. 

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai gatal testis

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr.danny