Tanya Dokter

  • Menghilangkan tanda lahir

  •  lailanf
    Anggota
    Dokter saya punya tanda lahir berwarna coklat susu di pelipis kiri,, semakin sering saya pakai produk perawatan kulit,, flek coklat persis seperti tanda lahir semakin banyak tetlihat, warna ny persis seperti tanda dari lahir.. skrg bertambah jadi 3 tp ukuranny lumayan kecil..flek coklat tanda lahir itu namanya apa dok dlm bahsa dokter dan bisa dihilangkan tidak ya ??

    Halo Lailanf, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

    Setiap orang bisa memiliki tanda lahir dengan karakteristik bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda. Hingga saat ini, penyebab pasti munculnya tanda lahir belum bisa dipastikan. Secara umum, tanda lahir bisa dibedakan menjadi dua kelompok besar :

    1. Tanda lahir pigmen - memiliki warna yang lebih gelap di bandingkan kulit sekitarnya. Terdapat beberapa jenis, yaitu :
      • tahi lalat - bebentuk bulat, dengan ukuran kecil, dan warna kecoklatan
      • bintik cafe au lait atau noda kopi susu - berwarna coklat muda atau hitam, umumnya memudar seiring pertambahan usia
      • bercak Mongol - warna biru kelabu, terutama di area punggung dan bokong, bisa memudar seiring pertambahan usia ataupun menetap
    2. Tanda lahir vaskuler - bisa berupa bercak makula, hemangioma, ataupun nevus flammeus

    Berdasarkan deskripsi Anda, tampaknya tanda lahir yang Anda maksud di sini tergolong pada kelompok pertama. Namun, untuk memastikan jenis spesifiknya, dianjurkan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Dokter juga akan menentukan apakah tanda lahir tersebut bisa dihilangkan/ dipudarkan dengan prosedur medis atau bersifat menetap. 

    Sedangkan flek coklat yang saat ini Anda temukan di wajah, besar kemungkinan merupakan ephelis yang disebabkan oleh kumpulan pigmen alami (melanin yang berisi melanosom). Semakin cerah warna kulit seseorang, maka bintik atau bercak ini akan semakin mudah dilihat. Untuk meminimalkan terbentuknya flek coklat di wajah, disarankan membatasi paparan langsung dengan sinar matahari, terutama pada pukul 10-14. Anda bisa menggunakan tabir suryabila beraktivitas di luar ruangan. Bila Anda merasa terganggu dengan kehadiran flek ini, diskusikanlah langkah penanganan terbaik dengan dokter spesialis kulit langganan Anda. Terapi laser bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bintik-bintik kecoklatan di wajah.

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr Lili