Tanya Dokter

  • bayi mengisap payudara tanpa asi

  • Ass... Hai dok... Saya memiliki bayi brusia 5bln, sdngkan istri saya bekerja.. Saat istri saya beraktifitas anak saya di asuh ole pengasuh... Dan setiap anak saya rewel selalu dberi payudara pengasuh (umur 41thn) sdngakan air susu pengasuh saya sudah tdk prosuksi proses ini sudah brlangsung slama 3bln. pertanyaan saya bolehkah anak saya menghisap payudara orang lain dsaat istri saya beratifitas.? Dan apakah ada efek nya trhadap istri dan anak saya...

    Mohon penjelasan dokter.. Terima kasih

    Pagi dok... Tlong pnjelasan dok... Maksih

    Dok tolong penjelasan nya... Makasih

    Hai,   Sebaiknya Anda tidak membiarkan pengasuh Anda melakukan hal tersebut. Walaupun belum ada penelitian medis tentang adakah bahaya mengisap puting payudara tanpa adanya ASI namun hal ini bisa menimbulkan resiko tersendiri. Reaksi menghisap puting bisa merangsang terbentuknya hormon oksitosin dan prolaktin untuk memproduksi ASI walaupun tanpa diinduce (didului) oleh kehamilan. Ditambah lagi kemungkinan bayi Anda akan menghisap udara lebih banyak sehingga menimbulkan kolik akan lebih besar jika Anda membiarkan ini terus terjadi. Efek lain yang akan timbul adalah bonding yang lebih sulit untuk ibu dan bayi. Rewel pada bayi bisa disebabkan berbagai faktor seperti :

    1. rasa lapar/haus
    2. rasa tidak nyaman akibat popok basah / kotor
    3. ingin dipeluk
    4. kedinginan / kepanasan
    5. ruangan terlalu terang / berisik
    6. dll
    Dimana kondisi tersebut tidak semuanya bisa ditangani dengan pemberian payudara untuk diisap. Walaupun tindakan ini memberikan rasa nyaman pada bayi namun Anda bisa menimbang baik dan buruknya meneruskan tindakan ini di kemudian hari. Untuk mengurangi "rewel" pada bayi Anda maka Anda harus mencari dulu penyebab dia menangis. Karena bentuk komunikasi bayi hanya melalui tangisan maka kita sering berasumsi bahwa bayi tersebut"rewel". Cara mengurangi "rewel" pada bayi bisa dengan :
    1. Mengayunkan di ayunan dengan irama ritmis dan nyanyian pelan
    2. Menperdengarkan nyanyian yang lembut dan bunyi perlahan
    3. Memeluk bayi sambil mengoyang goyangkan badan dengan ringan dan ritmis
    4. Memberikan pijatan ringan di belakang punggung
    5. Mengajak jalan jalan berkeliling / keluar dari rumah.
    6. memastikan bahwa popoknya kering
    7. Memastikan bahwa perut bayi kenyang.
    8. Memastikan bahwa bayi tidak kepanasan
    9. Mengajak ngobrol atau alihkan perhatiannya ke benda sekitar
    10. Memberikan teether yang dingin
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    Mksh dok atas penjelasan nya...