Tanya Dokter

  • Penyebab perhitungan usia kandungan berbeda antara usg dan HPHT

  •  Cece Elin
    Anggota
    Malem dokter .. Dok 2hari yang lalu saya usg dan usg saya 28w tetapi sebelum nya usg umur kandungan saya pada saat itu 22w Dan saya baru kembali usg baru 2hari yg lalu . Kalau menghitung jarak usg seharus nya kandungan saya sudah 31w tetapi usg kemaren baru 28w . Yang saya tanyakan kenapa usg nya tdk sama dgn perhitungan dokter dan hitungan saya.memang akhir2 ini saya jarang makan krn tidak nafsu ditambah gejala magh saya kambuh ? Apakah ini ada hubungan nya saya kurang makan , atau memang usg kurang akurat . Terima kasih dokter . Mohon balasan nyaa
    Cece Elin  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Cece,

    Untuk menghitung usia kehamilan dapat digunakan beberapa metode, salah satunya adalah dengan menghitung masa kehamilan mulai dari Hari Pertama Haid Terakhir atau HPHT dimana perhitungan ini juga dapat memprediksi Hari Perkiraan Lahir atau HPL atau Taksiran Partus (TP). Rumus yang digunakan untuk memprediksi hari lahir adalah HPHT di tambahkan 7 pada hari, ditambahkan 9 pada bulan dan ditambahkan 0 atau 1 pada tahun. Sebagai contoh jika HPHT adalah 5 November 2016 maka HPL adalah 14 agustus 2017.

    Selain itu dapat juga menggunakan metode USG dimana usia kehamilan diperkirakan dengan mengukur bagian tubuh janin dan kemudian secara otomatis oleh mesin USG akan diperhitungkan usia kehamilan dengan rumus tertentu. Pemeriksaan USG akan dipengaruhi oleh keakuratan alat dan operator mesin USG tersebut sehingga hasil akan menjadi berbeda. Perbedaan perkembangan janin juga dapat membuat hasil taksiran usia kehamilan menjadi berbeda.

    Tetapi diluar itu semua yang terpenting adalah ibu tetap fokus untuk menjaga asupan nutrisi agar pertumbuhan dan perkembangan janin tetap sehat dan juga untuk kesehatan ibu sendiri agar kehamilan dapat lancar sampai masa persalinan nantinya.

    Baca juga artikel mengenai berat janin usia 6 bulan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.