Tanya Dokter

  • Perhitungan usia kehamilan

  • Dok, saya sedang hamil,
    Hari terakhir haid tanggal 30 april 2017,
    Nah disini yang mau saya tanyakan, berapa minggu kah usia kehamilan saya dok??

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Umur kehamilan dapat diperkirakan dengan menggunakan HPHT (hari pertama haid terakhir), melalui pemeriksaan USG (ultrasonografi), serta pemeriksaan tinggi fundus uteri atau rahim.

    • HPHT, dihitung sebagai hari pertama berlangsungnya kehamilan, sebagai contoh jika hari pertama menstruasi terakhir terjadi pada tanggal 30 April 2017, maka pada tanggal 13 November 2017, usia kehamilan diperkirakan adalah 28 minggu. HPHT juga dapat digunakan untuk menghitung HPL (hari perkiraan lahiran) sang buah hati (Baca artikel: Hitung Tanggal Kelahirannya)
    • Pemeriksaan USG merupakan pemeriksaan yang paling akurat untuk mengetahui umur kehamilan, namun selain untuk menghitung usia kehamilan, USG juga berguna untuk mengetahui berbagai kelainan pada janin dan plasenta.
    • Tinggi fundus uteri juga dapat digunakan sebagai perkiraan usia kehamilan yang biasa dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti Dokter dan Bidan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

       

      Jangan ragu utuk berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter, untuk mengetahui usia kehamilan secara lebih akurat dan untuk dilakukan pemeriksaan rutin pada kehamilan.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto