Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak beraturan dan cara menghitung masa subur

  • Pagi dokter , Dok saya nia , mau tanya ttg masa subur. Gini dong, untuk menstruasi saya tidak beraturan kadang bisa 2 bulan sekali atau ketika rutin maju mundur bisa jauh sekali. Kadang bisa diawal atau bisa di akhir , nah untuk menghitung masa subur yang akurat seperti apa ? Tolong bantu hitung masa subur saya skrg dok, kemarin saya haid tgl 23 berenti haid di tgl 29. Terima kasih ya :)

    Hai Kurnia,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perhitungan masa subur menggunakan metode kalender hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki siklus menstruasi yang normal, yakni antara 21 hingga 35 hari. Apabila menstruasi Anda sangat tidak beraturan (lebih singkat dari 21 hari atau lebih panjang dari 35 hari), maka cara ini tidak bisa dilakukan.

    Sebagai alternatif, Anda bisa memprakirakan masa subur Anda dengan beberapa cara lain, di antaranya yakni:

    • Pengamatan lendir serviks
      Masa subur ditandai dengan perubahan lendir serviks menjadi lebih banyak dan lebih elastis menyerupai putih telur.
    • Pengukuran suhu tubuh
      Masa subur ditandai dengan peningkatan suhu basal dibandingkan waktu-waktu lainnya.

    Jika bingung, Anda bisa juga menggunakan alat deteksi ovulasi yang banyak dijual di toko alat kesehatan. Namun, keakuratan alat ini sesungguhnya seringkali masih diragukan. Karenanya, sebaiknya kombinasikan juga penggunaan alat tersebut dengan metode alami di atas ya..

    Selanjutnya, jika Anda dan pasangan berniat memperbesar kemungkinan hamil, sebaiknya Anda lakukan hubungan seksual secara teratur setiap 2 hingga 3 hari sekali, terutama (bukan hanya) pada masa subur.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah