Tanya Dokter

  • Mengkomsumsi Es batu dan Mentimun saat haid apakah picu kanker rahim?

  •  camellia
    Anggota
    Assalamu alaikuum dan selamat sore dok, aku lia, umur 22 tahun, mau nanya nih,apa benar pada saat kita haid lalu minum/makan yg dingin/es atau makan mentimun bisa menyebabkan darah haid menggumpal dan tak keluar sehingga memicu kanker rahim? saya pernah waktu haid minum es dan memang darah haid yang keluar sedikit sekali, apa itu tandanya darah haidku menggumpal dan tak keluar karna minum es? terimakasih

    Camellia yang baik,

    kanker rahim merupakan pertumbuhan jaringan ganas yang berlokasi pada dinding rahim. Jaringan ini bertumbuh secara tidak terkendali sehingga mengambil nutrisi dari tubuh dengan porsi yang tidak proporsional pula sehingga seseorang dapat tampak kurus. Selain itu jaringan ini mudah sekali berdarah sehingga perdarahan dari jalan lahir adalah salah satu gejalanya. Selain tumbuh secara tidak terkendali, sel kanker juga dapat menyebar pada bagian tubuh lain termasuk liver dan otak, sehingga penanganan yang komprehensif harus dilakukan.

    Kanker rahim sendiri lebih banyak disebabkan oleh karena sel-sel rahim yang tersusun dari rangkaian DNA bermutasi sifatnya sehingga tidak memiliki sistem "bunuh diri" sebagaimana sel lainnya ketika mencapai usia tertentu. Kondisi ini bisa terjadi bukan karena makan minum dingin dan mentimun, melainkan oleh karena konsumsi makanan instan berpengawet dan berpenyedap rasa, paparan asap rokok, stress psikis, dan pola hidup yang tidak sehat. Kanker rahim biasanya jarang ditemui pada usia muda, namun tidak ada salahnya mengunjungi dokter rahim untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai topik ini. Berikut kami lampirkan artikel mengenai kanker rahim. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief