Tanya Dokter

  • Mengobati batuk bagi penderita bronkitis

  •  Nurly
    Anggota
    Dok,saya terkena bronkitis setelah minum obat dari dokter spesialis sesak nafasnya sudah hilang dan batuknya sudah mulai mengeluarkan dahak yg lumayan kental meskipun keluarnya kadang2,tapi batuknya belum sembuh juga. Apakah saya harus periksa ke dokter lagi? Karna obatnya sudah habis. Dan jika saya minum perasan jerus nipis + kecap apakah boleh?

    Halo Nurly,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Bronkitis adalah peradangan pada saluran pernapasan utama/ bronkus yang disebabkan oleh infeksi atau iritan lainnya. Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut yang terjadi selama dua sampai tiga minggu dan bronkitis kronik yang terjadi setidaknya selama tiga bulan dan berulang pada tahun berikutnya. Bronkitis akut kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus sedangkan bronkitis kronik disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika keluhan Anda belum tertangani dengan baik apalagi jika mengganggu aktivitas Anda sheari-hari, silakan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda agar dokter dapat kembali menilai kondisi kesehatan pernapasan Anda.

    Air perasan jeruk nipis  dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan, melegakan pernapasan, dan mengurangi batuk. Campuran kecap digunakan untuk mengurangi keasaman air perasan jeruk nipis tetapi kecap sendiri tidak memiliki pengaruh terhadap batuk Anda. Anda dapat mengganti kecap ini dengan air hangat atau madu.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia