Tanya Dokter

  • Mengobati lecet berair pada kantung buah zakar

  •  Hari mustang
    Anggota
    Hi dok, sekitar 5 hari yang lalu kantung buah zakar saya itu terasa gatal lalu tanpa sadar saya garuk, selang beberapa hari saya merasa kulit kantung buah zakar saya terasa lengket berair/berlendir disertai rasa perih tepat dikulit kantung buah zakar dibagian bawah pangkal penis,tanpa ada timbul bentol2, saya sudah membersihkan seluruh area kemaluan saya termasuk kulit kantung buah zakar yg luka dgn cairan antiseptic, tetapi luka dikulit kantung buah zakar saya masih berlendir, dan itu masih sering muncul, lendir apa itu ya dok dan bagaimana cara mengobati nya? , terimakasih

    Halo Hari.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa Timbulnya gatal pada buah zakar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi jamur, penyakit menular seksual, penyakit kudis / skabies, kutu pada rambut kemaluan, reaksi alergi, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi luka lecet yang Anda alami dengan cara mengoleskannya dengan cairan Povidine iodine, yang dapat dibeli dengan bebas di apotik tanpa resep dokter, dan pakailah sesuai dengan aturan yang tertera di kemasan. Selain itu, kami menyarankan untuk tidak menggunakan celana dalam terlebih dahulu sampai luka benar - benar kering. Setelah luka kering, pakailah celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun.

    Apabila setelah Anda melakukan cara - cara diatas, luka yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan. Yang perlu diwaspadai adalah luka yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan infeksi bakteri, yang akhirnya dapat memperlambat proses kesembuhan.

    Demikian penjelasannya dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati