Tanya Dokter

  • mengoleskan obat nyeri di vagina

  •  meivicky
    Anggota

    pagi dok, dok saya sudah 1 tahun menikah, ketika saya berhubungan badan dg suami sering kali terdengar suara (klek-klek) di dalam rahim saya, suami bilang mugkin menyentuh tulang vagina, tp seusai berhubungan badan sering meninggalkan rasa nyeri dan sakit di dalamnya. terkadang suami saya mengoleskan minyak tawon di vagina saya untuk mengurangi rasa nyeri. kira2 tindakan ini aman tidak dok dan tandanya sakit apa dok ? terima kasih.

    Halo,   Sebaiknya Anda tidak mengoleskan obat secara sembarangan. Seperti yang tercantum pada etiket/ label indikasi penggunaan minyak tawon maka pergunakanlah obat oles tersebut sesuai dengan etiket. Rasa nyeri pada organ intim setelah berhubungan bisa berkaitan erat dengan keluhan Anda yang lain, walaupun hubungan kedua keluhan ini belum jelas karena tidak adanya pemeriksaan fisik secara langsung yang bisa dilakukan namun kedua keluhan ini merupakan indikasi bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terdekat. Penyebab rasa nyeri pada organ intim pasca berhubungan seks bisa diakibatkan karena :

    1. Adanya polip rahim.
    2. Vaginitis = peradangan pada vagina.
    3. Kurangnya cairan lubrikasi pada vagina
    4. Stress psikis.
    5. Penyakit radang panggul.
    6. stenosis leher rahim
    7. dll.
    Pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG dll akan mampu memperjelas penyebab dari keluhan Anda, maka dari itu sangatlah penting untuk Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Penanganan yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi rasa nyeri pasca berhubungan sangat disarankan Anda dan pasangan berkomunikasi dengan baik dan mencapai kesepakatan bersama agar dapat menberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak. Anda dan pasangan bias melakukan beberapa langkah berikut :
    • Perlama foreplay agar cairan pelumas banyak.
    • Tambahkan cairan pelumas jika perlu.
    • Hindari stress dan kelola stress Anda.
    • Relaksasi.
    • Senam kegel.
    • Lakukan hubungan seks perlahan, jangan terburu buru.
    Baca topik Nyeri saat berhubungan. Semoga membantu.   dr. Yusi