Tanya Dokter

  • mengurangi hormon testosterone dengan flaxseed

  •  Ajy Fian
    Anggota

    selamat sore dok,

    saya ingin mengurangi hormon androgen (testosteron). jika saya mengonsumsi flax seed setiap hari dalam jangka waktu tertentu (misal selama 6 bulan) apakah bisa mendapatkan efeknya secara permanen ?

    terima kasih

    Halo Ajy.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, flaxseed atau biji rami merupakan salah satu makanan sehat dengan manfaat yang tidak sedikit, dimana memiliki kandungan serat larut dan tidak larut serta asam lemak Omega-3. Biji ini juga memiliki manfaat antioksidan dan esterogen, berkat kandungan lignan di dalamnya.

    Flaxseed memang diketahui dapat menurunkan hormon testosteron, akan tetapi hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di dalam dunia medis untuk membuktikannya secara pasti.

    Berikut ini beberapa manfaat flaxseed yang dipercaya untuk kesehatan, yaitu : menurunkan tingkat kolesterol, mencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi Peradangan, memperlambat perkembangan kanker payudara, menstabilkan tingkat gula darah.

    Jika memang Anda bermasalah pada hormon testosteron, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis andrologi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati