Tanya Dokter

  • Bolehkah menikah dengan anak kakek?

  •  Ayu Purnama
    Anggota

    dok saya ingin bertanya,,

    saya adalah seorang cucu dari nenek saya,,,dan nenek saya mempunyai adik kandung laki" yang biasa saya panggil kakek,,kakek saya ini punya anak kandung laki" juga yang biasa saya panggil paklek,,lalu paklek saya itu punya anak laki-laki,,pertanyaan saya bolehkah saya menikah dengan anak laki-laki dari kakek saya tadi dok,,????

    Ayu Purnama  Ayu Purnama
    Anggota

    Ayu Purnama October 22, 2015 at 1:11 pm dok saya ingin bertanya,, saya adalah seorang cicit dari nenek saya,,,dan nenek saya mempunyai adik kandung laki” yang biasa saya panggil kakek,,kakek saya ini punya anak kandung laki” juga yang biasa saya panggil paklek atau paman,,lalu paklek saya itu punya anak laki-laki,,pertanyaan saya bolehkah saya menikah dengan anak laki-laki dari kakek saya tadi dok,,????
     

    Ayu Purnama  Ayu Purnama
    Anggota

    <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; font-style: italic; margin: 0px 1em 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">M'f dok tadi saya salah ketik,dok saya ingin bertanya,,</p> <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; font-style: italic; margin: 0px 1em 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">saya adalah seorang cicit dari nenek saya,,,dan nenek saya mempunyai adik kandung laki” yang biasa saya panggil kakek,,kakek saya ini punya anak kandung laki” juga yang biasa saya panggil paklek atau paman,,lalu paklek saya itu punya anak laki-laki,,pertanyaan saya bolehkah saya menikah dengan anak laki-laki dari kakek saya tadi dok,,????bagaimana menurut kesehatan,,,</p>

    Ayu Purnama  Ayu Purnama
    Anggota

    dok tolong dong jawabannya,,,,,

    Ayu Purnama  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ayu, Perlu dicatat ada 2 jenis istilah yakni incest dan perkawinan sedarah (consanguine marriage). Incest adalah perkawinan antar saudara sekandung. Sedangkan dalam ilmu genetika kedokteran, disebut perkawinan sedarah / consanguine marriage adalah pernikahan yang dilakukan hingga sejauh sepupu II. Jadi baru tidak disebut consanguine marriage jika hubungan anda dengan pasangan ada melalui kakek / nenek buyut anda (great-great grandparents). Sedangkan dari cerita anda hubungan anda dengan pasangan terjadi melalui nenek, sehingga pasangan anda tersebut masih termasuk sepupu II dan dapat disebut sebagai suatu perkawinan sedarah atau consanguine marrgiage. gambar derajat consanguity Mengapa penting? karena secara ilmu genetik consanguine marriage masih memiliki / meningkatkan resiko terjadinya kelainan genetik yang mungkin dimiliki, terutama yang penurunannya bersifat autosomal resesif seperti albino dan thalasemia. Pembahasan yang saya sampaikan diatas adalah berdasarkan genetika. Untuk boleh / tidaknya secara agama dan hukum/legal maka sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih berkompeten di bidang tersebut (ahli agama dan ahli hukum). demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Ayu Purnama  dr. Rico N
    Dokter