Tanya Dokter

  • Cara meninggikan badan pada pria usia dewasa

  •  ratih
    Anggota

    hallo dok, pada topik kali ini saya ingin menanyakan mengenai tinggi badan, pada usia berapakah tinggi badan serorang pria akan terhenti, berpakah tinggi ideal untuk seorang pria dan bagaimanakah cara meninggikan badan pada pria di usia 24 tahun, tolong beritahu tips dan pantangannya saat ingin meninggikan badan lagi, apa sajakah makanan n suplemen yang cocok untuk meninggikan badan, mohon beritahu pantangan apa saja yang tidak boleh di lakukan baik itu berupa makanan, minuman atau aktivitas apapun itu dan juga bagaimanakah menurut pendapat dokter mengenai suntik hormon pertumbuhan, apakah itu bisa berdampak baik untuk meninggikan badan, yang saya maksud disini adalah suntik hormon yang seperti pemain sepak bola lionel messi lakukan, mohon beritahu jawaban yang baik dan ampuh untuk meninggikan badan, saya tunggu jawabannya, terimakasih.

    Salam

    Halo,   Tinggi badan seseorang akan ditentukan oleh genetik kedua orang tuanya dan hormonal. Tidak ada kriteria tinggi ideal untuk pria maupun wanita. Tinggi yang mungkin dicapai oleh anak laki laki bisa ditentukan dengan rumus sebagai berikut:

    (TB ibu+13) + TB ayah = X : 2 = TB anak +/- 8,5 cm.
    Jika Anda ingin meninggikan badan maka biasanya dilakukan saat masih dalam masa pertumbuhan yakni 7-18 tahun dimana lempeng epifise tulang belum menutup dan masih bisa memanjangkan tulang sehingga otomatis meninggikan badan. Namun pada usia diatas > 20 tahun maka kemungkinan untuk menambah tinggi badan hanya bisa dilakukan dengan tindakan operasi yang bisa Anda konsultasikan dengan dokter ortopedi di daerah Anda. Baca topik Saran mengenai menambah tinggi badan, pantangan dan anjuran. Mengenai suntik hormon pertumbuhan seperti Lionel messi, tidak semua orang membutuhkan , hal ini terjadi karena saat masa pertumbuhan lionel messi didiagnosa defisiensi hormon pertumbuhan sehingga terapi satu satunya adalah menambah hormon dari luar dan terapi dilakukan saat messi masih dalam masa pertumbuhan (11 tahun) . Penambahan hormon ini pada usia > 20 tahun mungkin tidak berefek terlalu banyak untuk menambah tinggi badan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi