Tanya Dokter

  • Perbedaan antara meningioma dengan suspect meningioma

  •  Yeni Nuryeni
    Anggota

    mlm dok....2 bln yg lalu sata divonis dkter kena suspeck meningioma(tumor otak)  dan harus dibedah katanya dengan biaya yg sngt mahal yg sulit saya peroleh,sebenarnya apa bedanya meningioma dgn suspeck meningioma.adakah cara pengobatan lain selain bedah?

    Hai, Meningioma adalah sebutan untuk tumor yang timbul dari jaringan yang melapisi sistem saraf pusat (otak dan kolumna spinalis), atau yang dikenal dengan nama meninges. Sebagian besar meningioma bersifat jinak. Namun ada juga meningioma yang bersifat ganas, adapula yang berada di tengah-tengah antara jinak dan ganas (atypical). Meningioma seringkali tidak menimbulkan gejala, namun tidak sengaja ditemukan saat pemeriksaan dengan CT scan atau MRI. Untuk menegakan diagnosis meningioma diperlukan adanya pemeriksaan melalui CT scan maupun MRI. Suspek meningioma memiliki arti bahwa ada kecurigaan diagnosis ke arah meningioma, namun belum dapat dipastikan. Apabila diagnosis meningioma telah ditegakan (tanpa kata suspek), ini berarti bahwa diagnosis adanya meningioma telah dapat dikonfirmasi. Dokter biasanya akan memutuskan terapi yang dibutuhkn berdasarkan beberapa hal seperti ukuran, letak, dan perkiraan keganasan dari meningioma yang Anda derita. Ada beberapa terapi yang biasa dilakukan untuk meningioma :

    1. Observasi - untuk kasus meningioma yang tidak menimbulkan gejala, kecil, bertumbuh dengan sangat lambat, biasanya tidak dilakukan tindakan apa-apa. Namun dokter akan melakukan pemeriksaan scan pada kepala secara rutin untuk memantau perkembangan meningioma
    2. Operasi mengangkat meningioma - terutama untuk meningioma yang menimbulkan gejala dan bertumbuh besar
    3. Radiasi - jika pada operasi tidak semua meningioma dapat terangkat maka dibutuhkan radiasi untuk 'membasmi' sel-sel yang tersisa
    4. Kemoterapi - namun obat-obatan kemoterapi hanya sedikit mempengaruhi meningioma
    Sebaiknya diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai kemungkinan-kemungkinan dari pilihan terapi yang dapat Anda ambil dan juga alasan untuk pemilihan rencana terapi yang dipilih oleh dokter Anda. Untuk membaca mengenai beragam tumor otak anda dapat klik disini   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Yeni Nuryeni  QiWwi Aditya
    Anggota

    Skrg saya konsulnya ke spesialis bedah syaraf. Minta saran;baiknya di lanjut ke bedah saraf apa ganti ke onkologi?Terimakasih.

    Yeni Nuryeni  QiWwi Aditya
    Anggota

    Skrg saya konsulnya ke spesialis bedah syaraf. Minta saran;baiknya di lanjut ke bedah saraf apa ganti ke onkologi? Terimakasih.

    Hai, Untuk kasus meningioma sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis bedah saraf, dokter spesialis bedah saraf akan menangani mulai dari penegakan diagnosis hingga rencana terapi. Konsultasi ke spesialis lain mungkin dibutuhkan jika dokter spesialis bedah saraf meminta bantuan untuk konsultasi dengan spesialis bagian lain.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.