Tanya Dokter

  • Penyebab penyakit meningitis

  • Selamat sore dok, apakah kurang istirahat ditambah makan yg tidak teratur bisa memicu penyakit meningitis?

    Halo Gondrong.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, meningitis merupakan suatu infeksi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang selaput tersebut membengkak karena infeksi yang terjadi. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai adalah demam, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku.

    Meningitis sendiri merupakan hasil dari infeksi yang menjalar. Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis bisa tersebar melalui batuk, bersin, ciuman, atau berbagi peralatan. Oleh karena itu apabila kurang beristirahat ditambah makan yang tidak teratur dapat saja akhirnya menurunkan daya tahan tubuh sehingga mikrorganisme yang menyebabkan meningitis dapat menyerang tubuh, dan akhirnya memicu timbulnya penyakit meningitis.

    Berikut ini beberapa langkah awal untuk mencegah terjangkitnya meningitis, diantaranya adalah : mencuci tangan, berlatih hidup bersih, selalu melakukan pola hidup sehat ( seperti : makan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih minimal 2 Liter perhari, stop merokok dan jangan minum minuman keras, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, kelola stres psikologis ), menutup mulut saat bersin atau batuk.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENINGITIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati