Tanya Dokter

  • Menjaga kebugaran dan kesehatan di usia lanjut

  • Selamat malam dok. Saya sudah termasuk usia lajut  karena usia saya sudah 69 tahun ,tekanan darah 130/80 , tinggi badan 165 cm dan berat badan 64,5 kg, agar dapat menjaga kesehatan dan kebugaran , olah raga apa yang cocok sesuai umur saya  dan berapa durasinya. Sekian pertanyaan dari saya dan terimakasih .

    Selamat Malam Pak Agus, Tetap aktif bergerak pada usia lanjut dapat membuat Anda menjadi lebih produktif dan lebih sehat. Menurut penelitian, keaktifan bergerak dapat membantu mengurangi risiko terjadinya berbagai macam penyakit seperti misalnya gangguan pada sendi (artritis), penyakit jantung, DM tipe 2, demensia dan alzheimer. Beberapa contoh aktivitas fisik sehari-hari yang dapat membantu memperkuat tulang dan otot (seperti misalnya jalan pagi, bertaman, berdansa, serta membersihkan rumah) sebaiknya dilakukan kurang lebih 15 menit setiap hari. Olahraga yang dianjurkan adalah sekitar 150 menit seminggu (Anda dapat membaginya menjadi 30 menit selama 5 hari atau pilihan lainnya sesuai dengan jadwal kegiatan harian Anda). Contoh olahraga yang sebaiknya dilakukan antara lain :

    • bersepeda
    • berjalan kaki
    • berenang
    • senam
    • yoga
    • dan lain lain
    Namun jenis dan lamanya olahraga ini dapat juga dipengaruhi oleh kondisi fisik serta status kesehatan seseorang sehingga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang memeriksa Anda serta mengetahui riwayat medis Anda. Info Lengkap : OLAH TUBUH BAGI LANSIA   Salam, dr.Debby Phanggestu