Tanya Dokter

  • Nutrisi yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan

  •  Rizkys
    Anggota
    selamat sore dokter , saya mau tanya beberapa hal seputar kehamilan tentang makanan atau minuman yang dapat membantu perkembangan si janin dan yang seharusnya di hindari oleh ibu hamil , yang akhirnya berdampak negativ pada kandungan.. trimakasih sebelumnya dok

    Halo Rizkys, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita hamil sebenarnya tidak jauh berbeda dari nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita pada kondisi tidak hamil. Prinsipnya serupa, memakan makanan yang bergizi seimbang dalam jumlah yang secukupnya. Namun ada beberapa nutrisi tambahan yang diperlukan oleh wanita hamil yang diperlukan untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Beberapa nutrisi penting tersebut antara lain:

    1. Asam folat. Asam folat ini diperlukan untuk mencegah cacat lahir yaitu gagal penutupan tuba neural. Wanita hamil membutuhkan 400 hingga 800 mikrograms per hari sebelum kehamilan dan selama masa kehamilan.
    2. Kalsium. Tambahan kalsium dalam masa kehamilan diperlukan untuk mencegah tulang keropos pada ibu serta membantu pembentukan tulang pada bayi. Wanita hamil membutukan 1000 mg kalsium per hari. Pada remaja yang hamil, dibutuhkan 1300 mg kalsium per hari untuk menunjang pertumbuhannya sendiri serta kehamilannya.
    3. Vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang ibu dan bayinya. Wanita hamil membutuhkan 600 international units (IU) Vitamin D per hari.
    4. Zat besi. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Pada ibu hamil, tubuhnya perlu membuat lebih banyak sel darah merah untuk mencegah terjadinya anemia dalam kehamilan. Wanita hamil membutuhkan 27 mg zat besi per hari.
    5. Protein. Protein sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin. Wanita hamil membutuhkan 71 gr protein setiap harinya.

     

    Nutrisi-nutrisi tambahan tersebut biasanya terdapat dalam vitamin kehamilan yang diresepkan oleh dokter atau bidan anda, sehingga selain makan makanan bergizi, anda dianjurkan juga untuk mengkonsumsi vitamin kehamilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi di atas.

    Jumlah kalori yang dibutuhkan dalam kehamilan akan meningkat dibandingkan saat tidak hamil, sehingga mungkin anda akan merasa lebih cepat lapar saat hamil. Anda dapat menambah sedikit porsi makan anda dibandingkan porsi makan biasanya, atau mencoba makan buah atau minum jus di antara waktu makan anda. Namun perlu diingat agar tidak makan secara berlebihan karena dapat menimbulkan peningkatan berat badan berlebihan saat hamil yang justru dapat membawa risiko tersendiri dalam kehamilan.

     

    Anda dapat makan jenis makanan apapun selama kehamilan, hanya saja pastikan anda menghindari makanan-makanan berikut:

    1. Keju
    2. Telur yang belum matang atau setengah matang
    3. Susu yang tidak dipasteurisasi
    4. Daging setengah matang. Pastikan anda selalu masak daging hingga matang.
    5. Hati dan jeroan lainnya
    6. Ikan, terutama ikan laut dalam yang banyak mengandung merkuri seperti tuna, hiu, ikan pedang, makarel. Ikan air tawar dan laut dangkal masih diperbolehkan, namun jumlahnya tetap harus dibatasi hingga 2 kali per minggu. Selalu masak ikan hingga matang.
    7. Sayuran mentah
    8. Alkohol
    9. Kafein (dalam jumlah sedikit masih diperbolehkan)

     

    Beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi:

    1. Susu yang sudah dipasteurisasi, yoghurt
    2. Kacang-kacangan, terutama almond
    3. Ikan salmon
    4. Telur matang
    5. Sayuran hijau
    6. Daging yang dimasak hingga matang
    7. Minyak ikan
    8. Buah-buahan terutama alpukat dan buah beri
    9. Gandum utuh

     

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca :

    nutrisi untuk ibu hamil.

    makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia