Tanya Dokter

  • Ciri-ciri pendarahan implantasi

  •  Fena Febriani
    Anggota
    Dok saya bulan oktober tidak mens,lalu bulan november tanggal 3 saya mens lalu saya berhubungan dengan suami saya tanggal 11 lalu berhubungan lagi tanggal 18 dan saya tggl 25 mengalami seperti mens keluar darah atau saya sedang pendarahan implantasi dok ? Perut sy tdk sakit dn sy tdak mengalami keputihan sperti akan mens ? Mohon jawabannya dok trmikasih

    Halo Fena, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

    Perdarahan implantasi adalah perdarahan yang terjadi akibat menempelnya hasil pembuahan ke lapisan dinding rahim. Proses implantasi biasanya berlangsung 7-12 hari setelah pembuahan. Berikut adalah ciri perdarahan implantasi :

    • berwarna pink atau cokelat
    • berupa perdarahan bercak atau flek
    • berlangsung selama 1-2 hari
    • bisa disertai kram perut

    Selain perdarahan implantasi, perdarahan bercak atau flek juga bisa terjadi menjelang menstruasi atau saat ovulasi, yang dicetuskan oleh stres psikis, kelelahan fisik, ataupun penggunaan obat hormonal (termasuk alat kontrasepsi). 

    Perdarahan implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Adapun untuk mendeteksi kehamilan, Anda bisa melakukan pemeriksaan testpack. Pemeriksaan ini paling direkomendasikan bila telah terjadi keterlambatan menstruasi. Hasil positif hampir selalu memastikan kehamilan (harus dikonfirmasi oleh pemeriksaan USG oleh dokter kandungan). Sedangkan hasil negatif sebaiknya dikonfirmasi dengan pemeriksaan ulang satu minggu kemudian.

    Demikian, semoga menambah wawasan ya

    dr. Lili