Tanya Dokter

  • Menstruasi dengan tekstur darah bergumpal

  •  Neny Setiawan
    Anggota

    Dok , saya wanita menikah, dua bulan ini kenapa mens saya bergumpal dan lama ya dok?sudah saya usg dan hanya diberi vit penambah darah.kira" apa penyebabny ya dok? Apa saya punya penyakit?

    Neny Setiawan  Neny Setiawan
    Anggota

    Dik blas dong

    Hai,   Darah haid bergumpal biasanya disebabkan karena darah yang keluar saat haid sangat banyak dan mengalami tahanan pada rahim sehingga sulit keluar dari liang vagina sementara faktor pembekuan darah telah bekerja dan akhirnya menyebabkan darah keluar dalam bentuk gumpalan. Namun hal ini juga bisa disebabkan adanya permasalahan medis yang perlu ditangani. Untuk mengetahui penyebab darah haid Anda bergumpal maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan memeriksa dengan seksama dan melakukan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti tes darah ,USG, CT SCAN jika perlu. Penyebab darah haid bergumpal dan banyak bisa dikarenakan :

    1. Perubahan hormonal
    2. Polip pada daerah leher rahim
    3. jaringan fibroid pada rahim
    4. Abortus / keguguran
    5. Mioma uteri yang keluar ke leher rahim
    6. Adenomiosis
    7. Endometriosis
    8. Infeksi pada rahim
    9. dll.
    Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang Anda alami. Dalam artian jika ternyata hal tersebut disebabkan gangguan hormonal maka obat obatan sudah dianggap cukup, namun jika ternyata ditemukan adanya massa / tumor maka mungkin tindakan pembedahan akan diperlukan. Darah haid yang bergumpal dan timbul pada awal menstruasi biasanya merupakan hal yang normal. Namun jika gumpalan darah haid banyak dan lama (terjadi selama siklus menstruasi) disertai keluhan lain seperti rasa nyeri yang parah, pucat, lemas dll dan terjadi selama lebih dari  3 siklus menstruasi berturut turut maka sebaiknya segera periksakan diri Anda kembali ke dokter kandungan. Baca artikel lengkap Menstruasi di SINI. Baca artikel Menstruasi yang perlu diwaspadai di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Neny Setiawan  Neny Setiawan
    Anggota

    Makasih dok, kalau hubungannya dengab jerawat apa ya dok ? Saat aya mens ini jerawat bnyak sekali dibagian pipi bawah smpai area rahang ..