Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi hanya 1 hari

  •  Chen Lie Sien
    Anggota
    Dok saya mau tanya..kenapa y bulan ne saya mens hnya 1 hari sisany hanya tetes2..tgl 8 kmrn saya mens tu normal tp di tgl 9 jd setetes doank..truz sampai hari ni hnya 1 tetes jg..disaat saya pipis z..klo g pipis dia g klr darah dok..tu pun bkn darah hnya keputihan brwarna pink..anak saya dah 1 dok..saya mau tambah lg..tp kenapa bs begini y dok..apakah ne namany tidak subur?
    Chen Lie Sien  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Chen Lie Sien,

     

    Menstruasi yang normal terjadi dengan periode berlangsungnya menstruasi sekitar 21 sampai dengan 35 hari semenjak hari pertama haid terakhir dan periode berlangsungnya menstruasi berlangsung sekitar 3 sampai dengan 5 hari. Volume darah pada menstruasi sekitar 40ml per harinya.

     

    Beberapa kemungkinan penyebab dari volume menstruasi yang berkurang (hipomennorhea) diantaranya stress yang berlebihan, gangguan hormonal seperti pada pengguna KB hormonal (KB suntik, KB pil), usia, genetik, PCOS, atau pada gangguan tiroid. Selain itu, keputihan yang muncul dengan warna pink dapat disebabkan karena spotting menjelang terjadinya menstruasi. 

     

    Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan sehingga dapat mengetahui penyebab dari sedikitnya jumlah pendarahan yang berlangsung saat menstruasi terjadi dan dapat dilakukan penanganan untuk mengatasi keluhan terutama apabila hingga seusai periode menstruasi, menstruasi masih berupa titik-titik, atau apabila siklus menstruasi anda menjadi terganggu. Apabila terdapat gangguan hormonal yang menyebabkan gangguan dalam volume darah saat menstruasi, maka dapat terjadi gangguan pada kesuburan sehingga sebaiknya lakukanlah pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dialami.

     

    Selain itu, anda juga diharapkan untuk tidak stress dengan berlebihan dan menghindari melakukan aktivitas terlalu berat. Menghindari dari paparan asap rokok dan minuman beralkohol. Anda juga dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga asupan nutrisi di dalam tubuh guna kepentingan metabolisme tubuh termasuk hormonal.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi