Tanya Dokter

  • Haid tidak teratur

  • Dokter saya mau tanya kenapa yah kok saya mens tidak teratur kadang juga ada keputihan saya menggunakan suntik kb 3 bullan. Apa itu ciri" kanker serviks dok? Mohon jawaban nya

    Lutfia Nurizati  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Luftia, Salah satu efek samping suntik KB adalah gangguan siklus menstruasi, menstruasi tidak teratur, hingga tidak menstruasi sama sekali selama menggunakan suntik KB. Sepertinya Anda mengalami menstruasi tidak teratur karena efek samping suntik KB tersebut. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Menstruasi akan kembali teratur beberapa bulan (kadang sampai setahun) setelah berhenti suntik KB. Namun selain karena suntik KB, menstruasi tidak teratur juga bisa disebabkan karena hal lain seperti:

    • Stress, aktivitas berat, kelelahan, masalah psikologis lain
    • Konsumsi obat / jamu tertentu
    • Obesitas, penurunan berat badan secara drastis, diet ketat
    • Masalah medis tertentu: sindroma ovarium polikistik / PCOS, penyakit tiroid, gangguan hormonal, penyakit kronis, dll
    Keputihan sendiri sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan liang vagina. Keputihan yang normal seperti itu cirinya adalah berwarna bening / putih, tidak berbau, dan tidak disertai keluhan  gatal atau perih. Keputihan normal demikian tidak perlu penanganan khusus. Namun jika keputihan berubah warna, berbau, disertai gatal, dan nyeri maka keputihan tersebut adalah keputihan tidak normal yang membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter. Adapun mengenai ciri-ciri kanker serviks adalah perdarahan ketika berhubungan intim, nyeri saat berhubungan intim, keluar cairan berbau aneh dari vagina, perubahan siklus menstruasi, penurunan berat badan, dll. Saat stadium awal kanker serviks biasanya tidak menimbulkan gejala khusus. Oleh sebab itu, jika wanita sudah aktif secara seksual disarankan untuk melakukan pemeriksaan papsmear secara rutin untuk skrining serta melakukan vaksinasi HPV. Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:
    • Biasakan pola hidup sehat
    • Ganti alat kontrasepsi Anda
    • Kelola stress dengan baik
    • Jaga berat badan ideal
    • Hindari kelelahan
    • Istirahat cukup
    • Olahraga teratur
    Jika Anda merasa tidak nyaman dengan efek samping suntik KB, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk opsi pemilihan alat kontrasepsi yang lainnya. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Menstruasi tidak lancar Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y