Tanya Dokter

  • Masalah menstruasi tidak wajar dan bintik-bintik seperti penyakit jamur di area miss V

  •  Dea Rahayu
    Anggota

    Siang dok saya mau nanya saya sering mens yang gk sewajarnya lebih dari setengah bulan tapi mensnya dikit trus suka suka gk dok, tapi pas berhubungan seks juga berdarah dok dideket bubur kelamin juga ada bintik bintik seperti melenting gitu itu penyakit jamur atau apah yah.. Tolong bales terimakasih

    Halo,   Menstruasi yang lama namun keluar sedikit sedikit memerlukan perhatian, apakah benar ini darah menstruasi atau perdarahan di luar menstruasi akibat sebab lain. Menstruasi yang sedikit sedikit bisa disebabkan karena :

    1. Pengaruh KB
    2. Gangguan hormonal
    3. Gangguan tiroid
    4. Kista ovarium
    5. Jaringan fibroid rahim
    6. Malnutrisi
    7. Olahraga berlebih
    8. Menyusui.
    9. Stress psikis.
    10. Kehamilan yang terganggu.
    11. dll.
    Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda maka pemeriksaan akan diperlukan. Pemeriksaan akan dilengkapi beserta melakukan tes medis lain seperti tes darah, USG, PAP SMEAR, CT SCAN jika perlu. Dengan pemeriksaan diatas akan diketahui pula apa penyebab perdarahan yang terjadi saat Anda berhubungan intim. Beberapa kemungkinan penyebab nya antara lain adalah:
    1. Vagina yang terlalu kering
    2. Iritasi mulut rahim
    3. Polip / mioma pada mulut rahim
    4. Gejala wala kanker mulut rahim
    5. Infeksi rahim
    6. Penyakit radang panggul
    7. dll.
    Sementara lenting yang timbul juga memerlukan pemeriksaan karena bintik melenting yang Anda keluhkan bisa jadi merupakan gejala dari :
    1. herpes kelamin.
    2. Kutil kelamin
    3. Molluscum
    4. Infeksi menular seksual lain =chlamidia, sifilis.
    5. Infeksi jamur
    6. dll.
    Dengan pemeriksaan ke dokter kandungan semua keluhan Anda bisa dinilai dan diperiksa dan ditentukan penyebab keluhan secara pasti. Dengan begitu pengobatan bisa diberikan sesuai dengan permasalah Anda. Baca topik berkaitan keluhan Anda yaitu : Semoga membantu.   dr. Yusi