Tanya Dokter

  • Tanda2 menopause

  •  sinta dewinta
    Anggota

    Pagi alodokter forum members. Saya mau berbagi cerita dan minta pendapat. Saya adalah seorang ibu rumah tangga berumur 48. Sejak akhir tahun lalu, menstruasi saya sudah tidak begitu rutin lagi setiap bulan. Apa ini pertanda saya sedang mengalami menopause? Saya jarang merasakan yang namanya hot flushes itu. Jadi saya bingung apa ini menopause atau bukan? dan kalau bukan apa sebaiknya saya bertemu dengan dokter? Tolong saran nya yaaah.. Thank you!

    sinta dewinta  milakurnia
    Anggota

    Salam kenal Ibu Sinta. Nama saya Mila. Saya baru dua tahun lalu ngalamin yg namanya menopause. Taon pertama itu mens nya on off gitu.. kadang ada kadang nggak...tp pas itu kalo ld dapet juga gak banyak seperti sebelumnya. setaon abis mens nya ga teratur, mens saya berenti total. Ada sempat ketemu dokter dan kata dokter karena sudah umur 52 dan saya memang sedang ngalamin gejala2 menopause dan tidak ada gejala penyakit lain, dia diagnosisnya sy itu sudah menopause. Pas taon dimana mens saya gak teratur itu, saya sempet ngalamin hot flushes tp dalam tingkat yg wajar2 saja...jd masih bisa ditangani...secara mood allhamdudulilah terkontrol...selain itu apalagi yah...paling organ dibawah sana itu jadi lebih kering aja sih... Ibu Sinta kalau kawatir atau ada rasa badannya tidak terasa seperti biasa sebaiknya ke dokter aja..tp mestinya Ibu Sinta sehat2 aja yah karena gak ada pendarahan diluar mens atau setelah berhubungan intim kan bu? Yah cari aman yah bu, jadi kalau merasa badannya ada perubahan yg tidak nyaman, konsultasi ke dokter. Smoga membantu yah bu cerita saya.

    sinta dewinta  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Anggota Forum Alodokter

    Dalam dunia medis, seorang wanita disebut telah mengalami masa menopause ketika menstruasinya dalam 12 bulan berturut-turut sudah tidak kunjung datang. Usia menopause wanita berkisar dari pertengahan umur 40an hingga awal 50an.

    Gejala menopause paling pertama biasanya berupa perubahan pada pola menstruasi; wanita tidak lagi 'datang bulan' secara teratur; ada yang 'datang bulan' setiap 2-3 bulan dan ada yang datang bulan setiap 2-3 minggu sebelum akhirnya menghilang untuk beberapa bulan.

    Gejala-gejala lain menopause adalah:

    • hot flushes - sensari rasa panas di tubuh yang menyebabkan keringat bahkan muka memerah
    • turunnya gairah seks
    • masalah atu gangguan tidur misalnya insomnia
    • kekeringan vagina
    • perubahan mood
    • lebih gampang lelah atau tingkat energi yang turun
    Perlu diketahui bahwa gejala menopause bisa bervariasi dan berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lain. Ada wanita yang mengalami semua gejala menopause dan ada juga yang hanya mengalami satu atau dua gejalanya.

    Pendarahan disebut tidak normal jika terjadi:

    • diantara masa menstruasi atau datang bulan
    • setelah berhubungan seks
    • setelah menopause telah terlewati
    • dan saat hamil
    Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika mengalami pendarahan yang tidak normal atau merasa khawatir atau sangat terganggu dengan gejala menopause.

    sinta dewinta  sinta dewinta
    Anggota

    Trima kasih dok dan ibu Mila atas inputnya. Saya kemarin baru ke dokter dan dokter blg kemungkinan besar sy sedang menopause. Soalnya tidur saya jg akhir2 ini beda dari sebelum2nya. Syukur tidak ada pendarahan yang tidak normal seperti yg dokter bilang di atas. Dalam tiga minggu sy akan kembali ketemu dokter lagi cuma untuk sekadar memastikan semuanya baik2 saja. Thank you smuanya.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.