Tanya Dokter

  • tidak menstruasi selama menggunakan KB

  • Maaf dok saya mau nanya saya kan sedang KB,trus beberapa bulan saya tidak pernah mens,trus setiap saya berhubungan seks dengan suami saya tiba2 keluar darah dari vagina dok,sudah 3 kali keluar darah trus dok ? apa itu darah mens atau apa dok..?mohon infonya..terima kasih

    Hai Salah satu efek samping dari KB hormonal adalah tidak teraturnya siklus menstruasi, dimana yang paling sering menyebabkan efek tidak menstruasi adalah KB suntik 3 bulan. Ini merupakan hal yang normal akibat dari ketidakseimbangan hormonal. Keluar darah dari vagina setelah berhubungan dapat terjadi akibat:

    • Perdarahan dari vagina akibat lecet atau luka, biasanya disertai gejala nyeri saat berhubungan
    • Darah menstruasi. Bercak darah biasanya kecoklatan dan ciri dari darah menstruasi adalah tidak dapat membeku
    • Infeksi, dimana biasanya disertai gejala keputihan serta nyeri saat berhubungan
    • Kanker serviks (leher rahim), disertai gejala keputihan berbau tidak sedap, nyeri saat berhubungan mirip dengan infeksi.
    Untuk mencari penyebabnya diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala, serta pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Diskusi terkait dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Keluar darah dari vagina setelah berhubungan intim. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william