Tanya Dokter

  • Perbedaan darah menstruasi dengan flek tanda ovulasi

  •  Surani
    Anggota
    Dok apa perbedaan darah menstruasi dengan darah flek kehamilan ?

    Hai Surani,

    Pada awal kehamilan sebagian wanita memang dapat mengalami perdarahan ringan yang disebut sebagai perdarahan implantasi, yaitu perdarahan yang terjadi saat penanaman janin pada dinding rahim. Perdarahan implantasi terjadi 6-12 hari setelah pembuahan, yaitu di sekitar waktu di mana seorang wanita seharusnya mendapatkan menstruasi. Oleh karena itu perdarahan implantasi terkadang dapat keliru dikenali sebagai menstruasi.

    Perbedaan antara menstruasi dengan perdarahan implantasi adalah perdarahan implantasi umumnya hanya berlangsung selama 1-2 hari, darah berwarna merah muda atau coklat, darah mengalir pelan dan tidak bertambah deras, serta tidak timbul gumpalan darah. Hal ini berbeda dengan menstruasi di mana berlangsung selama 3-7 hari, darah berwarna merah terang, aliran darah semakin lama semakin deras, dan dapat disertai gumpalan darah.

    Namun demikian, perdarahan implantasi dapat pula menyerupai menstruasi dalam jumlah sedikit (hipomenore) yang dapat memiliki ciri yang serupa. Selain itu perdarahan implantasi juga tidak selalu dialami oleh setiap wanita hamil. Oleh karena itu jika dicurigai adanya kehamilan tetap perlu dilakukan pemeriksaan medis untuk mendeteksi dan memastikan kehamilan, yaitu dengan tes urine, tes darah dan USG.

    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Cara membedakan perdarahan implantasi dengan menstruasi

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman