Tanya Dokter

  • Belum menstruasi setelah lepas KB

  • selamat siang alodokter ! istri saya baru pertama kali melakukan suntik KB yang untuk sampai 3 bulan dan terhitung tgl 18 agustus kmarin habis masa nya namun istri saya tidak ingin melanjutkan program KB nya alasan perubahan bentuk fisik tapi setelah itu sampai saat ini kami berhubungan intim dgn cara mengeluarkan sperma di luar.. namun sampai saat ini terhitung hampir 3 bulan setelah stop program kb mengapa istri saya belum juga menstruasi dan..apakah jika saya berhubungan namun mengeluarkan sperma di dalam apakah bakal terjadi pembuahan? terima kasih alodokter SUKSES selalu.
    Riyanto prakoso  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Riyanto,

    Keluhan utama yang Anda sampaikan adalah istri Anda terlambat menstruasi. Perlu diketahui dulu sebelumnya bahwa salah satu efek samping KB suntik adalah gangguan siklus menstruasi, termasuk keterlambatan menstruasi. Efek ini bisa bertahan sampai beberapa minggu atau beberapa bulan pasca KB suntik dihentikan.

    Namun demikian untuk memastikan apakah istri Anda hamil atau tidak, istri Anda bisa melakukan testpack terlebih dahulu ya. Jika hasil testpack negatif, lakukan testpack ulang 1 minggu setelah testpack pertama. Apabila tetap negatif kemungkinan istri Anda tidak sednag hamil.

    Terkait dengan kemungkinan kehamilan, tentu saja istri Anda bisa hamil kembali setelah tidak melakukan KB. Meskipun sperma dikeluarkan di luar, tetap ada kemungkinan hamil meskipun kemungkinannya sangat kecil. Hal ini disebabkan karena sperma pria juga terkandung dalam cairan pre ejakulasi (cairan yang keluar ketika penis ereksi, seringkali tidak disadari pria). Oleh sebab itu jika penis sudah mengeluarkan cairan pre ejakulasi dan dilakukan penetrasi, bisa saja terjadi pembuahan.

    Selain efek samping suntik KB dan kehamilan, terlambat menstruasi juga bisa disebabkan karena hal lain seperti stress, kelelahan fisik, obesias, penurunan berat badan secara drastis, sindroma ovarium polikistik, kista, gangguan tiroid, gangguan hormonal, dan diabetes.

    Apabila hasil testpack negatif, istri Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk memperlancar menstruasi:

    • Biasakan polahidup sehat
    • Olahraga teratur dan jaga berat badan ideal
    • Usahakan untuk istirahat cukup dan tidak kelelahan
    • Tidur 7-8 jam/hari dan jangan begadang
    • Kelola stress dnegan baik
    • Konsumsi makanan sehat dan bergizi serta perbanyak minum air putih

    Apabila sudah 3 bulan pasca berhenti KB suntik istri belum juga menstruasi dan juga tidak hamil, istri And abisa berkonsultasi dengan dokter kandungan secara langsung supaya bisa dilakuka pemeriksaan untuk mengetahui penyebab terlambat menstruasi. Selanjutnya apabila memang dipelrukandokter bisa memberikan penanganan lanjutan bagi istri Anda ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Telat haid
    Proses pembuahan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y