Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi hanya flek coklat

  •  Bambina Rider
    Anggota
    halo dok saya rere umur baru 20tahun mau bertanya datang bulan saya bulan kemarin hanya keluar flek coklat saja dan itu hanya sehari, lalu hari-hari berikutnya hanya keluar lendir saja untuk beberapa hari, nah itu kenapa ya dok? masih wajar apa engga? karena baru kali ini saya begini biasanya menstruasi saya selalu lancar. apa karena pengaruh berat badan ya dok karena akhir2 ini berat badan saya naik sepertinya. mohon solusinya dok

    Halo Rere, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Siklus menstruasi normalnya memang berlangsung selama 2-7 hari dengan jarak diantara siklus 21-35 hari. Darah haid yang keluar bervariasi sesuai dengan siklusnya. Volume rata-rata darah haid berkisar 40 ml. Darah haid akan terlihat seperti flek kecokelatan apabila komposisi lendir lebih banyak dibandingkan darah. Hal ini normal jika ditemui pada awal atau akhir siklus menstruasi. Namun, jika berlangsung sepanjang siklus menstruasi maka kemungkinan kondisi Anda termasuk hipomenore (kondisi dimana menstruasi sedikit dengan waktu yang singkat). Beberapa penyebab hipomenore, diantaranya:

    • Stres emosional
    • Berat badan yang menurun secara drastis atau obesitas (kelebihan berat badan)
    • Peningkatan aktivitas fisik/olahraga
    • Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia
    • Penggunaan kontrasepsi
    • Gangguan hormon
    • Penyakit lain yang mendasari, seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan pada kelenjar tiroid, diabetes, dll

     

    Apabila kondisi ini berlanjut hingga darah haid berhenti, maka perlu ditelusuri penyebabnya lebih lanjut. Oleh karena itu, disarankan agar Rere memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan membantu mengevaluasi penyebab hipomenore berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang (cek darah, ultrasound, dsb). Dokter kemudian akan memberi penanganan yang sesuai. Untuk sementara ini, sebaiknya Rere menghindari aktivitas yang terlalu berat, mengelola stres dengan baik, menjaga agar berat badan tetap ideal, dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

    Artikel mengenai darah haid sedikit dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L