Tanya Dokter

  • Penyebab keluar darah menggumpal dan berwarna kecoklatan saat menstruasi

  • Halo dok Knapa kalau saya menstruasi selalu keluar darah yang menggumpal dan warnanya agak coklat? Terima kasih

    Halo Ratih, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, menstruasi merupakan proses dimana keluarnya darah haid dari vagina. Darah ini bercampur dengan lapisan rahim yang luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Umumnya, darah haid keluar berkisar 2-7 hari dan dapat berwarna merah, kecokelatan, hingga kehitaman. Terkadang selain darah, dapat juga dijumpai darah yang menggumpal.

    Adanya darah yang menggumpal atau darah berwarna cokelat merupakan hal yang normal terjadi saat haid berlangsung (jika jumlahnya tidak terlalu banyak). Darah yang menggumpal normal terjadi jika keluar bersamaan dengan hari dimana darah banyak keluar (hari-hari awal menstruasi). Keluarnya darah menggumpal ini disebabkan antikoagulan (anti pembekuan darah) alami dalam tubuh belum sempat menyelesaikan tugasnya karena darah haid keluar secara cepat. Gumpalan darah tersebut bisa berwarna merah terang atau merah pekat dan membuat darah haid menjadi lebih kental dari biasanya. Sedangkan darah yang berwarna cokelat kehitaman normal ditemui saat hari-hari terakhir siklus haid karena darah tersebut lebih tua umurnya.

    Adanya gumpalan darah dan darah berwarna cokelat ini merupakan hal yang normal ditemui. Namun, apabila gumpalan terlihat berlebihan dan keluar lebih dari seperempat jumlah darah haid Ratih sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

    Artikel mengenai darah menstruasi dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L