Tanya Dokter

  • Telat menstruasi selama 1 bulan, Hamilkah ?

  •  Surani
    Anggota
    Dok saya mau tanya, teman saya pernah berhubungan intim dengan pacarnya satu tahun lalu namun setelah itu tidak pernah berhubungan sama sekali, tapi dia selalu mendapat menstruasi yang teratur setiap bulannya. Apakah ada kemungkinan hamil ?

    Halo Surani, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi adalah terjadinya peluruhan suatu lapisan di dalam rahim yang akan terjadi bila tidak terdapat kehamilan. Lapisan yang luruh ini (yang disebut dengan endometrium) adalah lapisan yang akan menjadi tempat menempelnya bayi bila kehamilan terjadi. Hormon-hormon yang meningkat saat kehamilan terjadi akan mencegah lapisan ini luruh agar bayi bisa menempel dan mendapat asupan makanan yang menunjang pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

    Bila teman anda mendapat menstruasi teratur setiap bulannya, maka dapat dipastikan teman anda tidak hamil. Teman anda juga sudah melakukan hubungan intim satu tahun yang lalu. Bila kehamilan terjadi, maka saat ini teman anda sudah akan melahirkan seorang bayi, karena kehamilan hanya akan berjalan selama kurang lebih 9 bulan.

    Sebaiknya anda memberitahukan teman anda untuk mempraktikkan hubungan seksual yang sehat. Hubungan seksual yang dilakukan secara tidak sehat selain dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan, juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi menular seksual seperti infeksi gonore, klamidia, herpes, hepatitis, bahkan HIV. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai organ reproduksi pria dan wanita, serta informasi mengenai hubungan seksual yang sehat dari orang yang memiliki kapasitas untuk memberikan informasi seperti orang tua, guru BP di sekolah, atau dokter.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia