Tanya Dokter

  • Penyebab terlambat haid dan keputihan terus menerus

  •  Nisa Sa
    Anggota
    Dok kenapa ya saya belom dapet bulan september tgl 6 oktober . Bulan oktober biasanya awal november tpi sampe sekarang saya belom mens dok . Tpi saya ngerasai gejala mau mens dok tpi tidak keluar" dan saya keputihan terus . Kenapa ya dok umur saya 18thn

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Menstruasi merupakan suatu siklus yang biasa dialami setiap wanita semenjak masa pubernya hingga nanti memasuki masa menopause. Siklus menstruasi ini umumnya akan terjadi setiap 4 minggu. Meski demikian, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, yang terkadang dapat datang lebih cepat atau lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 21-35 hari.

    Dan biasanya pada masa-masa remaja, siklus menstruasi ini terkadang dapat lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada kondisi hormonal pada saat itu. Biasanya wanita akan mulai rutin mengalami menstruasi ketika memasuki usia 20 tahun atau lebih. Jadi sebenarnya tidak perlu ada yang dikhawatirkan selama Anda belum melakukan hubungan seksual.

    Selain masalah hormonal, beberapa kondisi yang mungkin mengakibatkan keterlambatan dari menstruasi ini adalah:

    1. Sindrom ovarium polikistik
    2. Latihan fisik atau olahraga berlebihan
    3. Penurunan berat badan yang terlalu banyak
    4. Kehamilan.

    Bila Anda masih ragu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi juga secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terkait dengan keluhan yang Anda rasakan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu melancarkan menstruasi Anda adalah:

    • Manajemen stress yang baik
    • Olahraga rutin
    • Konsumsi banyak air putih
    • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan cepat saji
    • Istirahat yang cukup

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati