Tanya Dokter

  • Nyeri saat menstruasi apakah berbahaya?

  •  biyanka sinta
    Anggota
    Dok saya mau tanya kalau misalnya saya suka sakit kalau datang haid .. suka sakit seluruh badan itu .. itu berbahaya tidak dok? Terimakasih sblm nya

    Halo, Biyanka. Menstruasi pada wanita dipengaruhi oleh hormonal. Adanya peningkatan dn penurunan hormonal ini berdampak banyak pada wanita. Saat haid wanita memang sering mengalami keluhan seperti kram pada perut, mual dan muntah, nyeri payudara, sakit kepala dan banyak keluhan lainnya. Keluhan ini bahkan bisa terjadi seminggu sebelum menstruasi yang dikenal dengan istilah PMS atau Pre Menstrual Syndrome. Rasa tidak nyaman itu dapat terjadi sebelum, saat menstruasi dan bahkan setelah menstruasi selesai. Rasa tidak nyaman karena pengaruh hormonal dapat membuat rasa sakit seluruh badan. Hal ini merpakan normal dan wajar karena terjadi peluruhan sel dinding rahim saat menstruasi. Asalkan nyeri yang ditimbulkan tidak mengganggu aktifitas sehari hari dan disertai keluhan seperti mual, muntah dan demam. 

    Ada baiknya Anda perhatikan apakah nyeri seluruh badan ini terjadi setiap menstruasi atau hanya sewaktu saja. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk memgurangi nyeri. 

    • Mandi dengan air hangat dan Pengompres pada daerah perut  karena air hangat tersebut dapat memberikan efek vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah sehingga melancarkan aliran pembuluh darah. Selain itu kompres air hangat akan memberikan efek samping relaksasi yang menenangkan. 
    • Istirahat yang teratur
    • Olahraga kecil saat menstruasi
    • Makan teratur.
    • Namun Bila sakit tidak tertahankan dapat meminum obat penghilang nyeri seperti paracetamol.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S

    dr. Eni Yulvia S