Tanya Dokter

  • Perhitungan masa menstruasi

  •  Sonia
    Anggota
    Pagi dokter,saya mau bertanya saya tanggal 15 oktober mestruasi dan malam nya saya hubungan intim dengan suami saya.setelah itu haid saya langsung berhenti tidak berlanjut lagi.kira" saya menstruasi lagi tanggal berapa ya dokter.minta solusinya.trimakasih dokter

    Haloo Sonia,

    Menstruasi adalah proses alamiah yang dialami setiap wanita. Dianggap normal bila mentruasi terjadi 21-35 hari sekali. Menstruasi pada tiap wanita tidak selalu sama, ada yang teratur (umumnya rutin tiap 28 hari, atau tiap 30 hari), ada juga yang tidak beraturan.

    Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur misalkan tiap 28 hari, maka cara termudah untuk memperkirakan tanggal/hari pertama menstruasi berikutnya adalah dengan menghitung intervalnya sesuai dengan 28 hari. Contoh: Bulan Oktober Anda mulai menstruasi tanggal 15, maka menstruasi berikutnya akan dimulai kurang lebih pada tanggal 12 di bulan November. Begitu seterusnya Anda hanya perlu mencari selisih 28 hari dari hari pertama haid di bulan A dan di bulan B. Meskipun demikian, pada beberapa orang dengan riwayat siklus teratur tiap bulannya, tidak dapat langsung dipastikan dengan mutlak bahwa di bulan berikutnya akan mengalami siklus yang tetap teratur. Ada banyak hal yang mempengaruhi menstruasi tersebut antara lain : keseimbangan hormon-hormon menstruasi, intensitas aktivitas fisik, diet, atau adanya penyakit tertentu.

    Berbeda halnya bilamana riwayat menstruasi Anda di bulan-bulan sebelumnya tidak beraturan. Misalkan siklus haid bulan A dan B berjarak 25 hari, lalu antara bulan B dan C 32 hari, lalu antara bulan C dan D berjarak 27 hari. Dengan adanya perbedaan tersebut, merupakan hal yang sangat sulit untuk memperkirakan kapan datangnya menstruasi di bulan selanjutnya. Anda hanya dapat memperkirakan bahwa tanggal haid Anda selanjutnya bisa lebih maju atau lebih mundur dari tanggal sebelumnya, namun maju atau mundur berapa hari, itu sulit ditentukan, tapi coba gunakan riwayat haid Anda dalam beberapa bulan terakhir . Meskipun dengan cara tersebut menjadi sulit, Anda masih dapat memperkirakan akan mengalami haid bila memperoleh tanda-tanda pada tubuh Anda seperti : payudara mengencang/menegang, merasa lemas/mudah lelah, berjerawat, nyeri perut/nyeri pinggang, dan menjadi lebih emosional.

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih