Tanya Dokter

  • Penyebab terlambat menstruasi

  •  Ayu
    Anggota

    dok saya mau bertanya, saya biasa haid tgl 24, sampai saat ini saya belum haid,sebelumnya saya melakukan oral seks, dengan menyentuhkan kepunyaan pria ke V tanpa masuk kedalam hanya menyentuhkannya dan itu tidak membuat mani keluar, bagaimana dok itu bisa kah membuat hamil ?

    Halo,   Menyentuhkan organ intim pria ke organ intim wanita memang hanya memiliki kemungkinan kecil akan terjadinya kehamilan, apalagi jika Anda memastikan tidak ada air mani atau sperma yang keluar dan Anda sedang tidak masa subur. Kondisi gangguan siklus menstruasi Anda bisa saja disebabkan karena :

    1. stress
    2. Gangguan hormonal.
    3. Perubahan berat badan secara ekstrem.
    4. Latihan berat.
    5. sindrom polikistik ovarium
    6. dll.
    Lakukan olahraga, kelola stress dan istirahat cukup serta makan bergizi untuk mengembalikan siklus menstruasi Anda seperti normal. Jika > 2 minggu Anda mengalami keterlambatan maka lakukan pengecekan kehamilan dengan melakukan testpack sendiri. Jika testpack negatif dan siklus menstruasi Anda masih belum normal maka periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan optimal. Baca artikel Keterlambatan menstruasi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi