Tanya Dokter

  • sering mengalami sakit kepala sebelah

  •  Haya Fadiya
    Anggota
    Selamat malam dok, umur saya 18 tahun. Saya ingin bertanya, saya sering mengalami gejala sakit kepala sebelah atau migrain biasanya satu minggu atau 2 hari sebelum menstruasi. Apakah itu ada kaitan dengan gejala menstruasi atau ada kaitan dengan hal lainnya? Mohon penjelasannya dokter.

    Halo Haya.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, migren merupakan suatu jenis sakit kepala yang menyerang satu Sisi, dan biasanya menimbulkan kepala yang berdenyut-denyut dan sakit yang menusuk disertai dengan mual, muntah, atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini dapat berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih.

    Sampai saat ini migren belum diketahui pasti penyebabnya, akan tetapi para ahli menduga hal ini muncul karena terdapatnya gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah. 

    Migrain dapat dipicu oleh karena hormon yang salah satunya terkait karena siklus menstruasi, bakaran atau minuman tertentu, cahaya, alkohol, stres psikologis, bebauan, suara.

    Berikut ini cara mencegah kambuhnya migrain, yaitu :

    • Menjalani gaya hidup sehat dengan tidur cukup dan teratur, olahraga teratur, pola makan sehat, batasi konsumsi minuman keras, dan kafein.
    • Mengenali & menghindari pemicu migrain Anda, seperti kurang istirahat, stres psikologis, dan mengonsumsi makanan serta minuman tertentu.
    • Menghindari konsumsi obat - obatan tertentu, seperti menghindari obat -obatan yang mengandung hormon estrogen, seperti pil KB.

     

     

    Akan tetapi apabila setelah Anda melakukan cara - cara diatas, migrain masih saja sering mengalami kekambuhan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit saraf / neurologi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MIGRAIN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati