Tanya Dokter

  • Telat menstruasi 2 bulan

  • Dok, saya pelajar SMA berumur 17 tahun. Sudah 2 Bulan ini saya mengalami telat menstruasi. Biasanya berdekatan dengan tanggal-tanggal Bulan sebelumnya. Tetapi Bulan ini sudah hampir sebulan mengalami keterlambatan. Apakah ada dampak serius karena terlambatnya menstruasi ini dok? Mohon di balas dok. Terima kasih.

    Hello, Siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 21 - 35 hari (atau <1 - 1,5 bulan) dengan rata-rata biasanya wanita akan mengalami sekitar setiap 28 hari, namun bisa juga terjadi lebih dari 2 bulan. Variasi terjadinya siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Kondisi ini bisa merupakan hal yang normal karena berubahnya kadar hormon dalam tubuh wanita, tetapi bisa juga terjadi karena suatu penyakit. Berikut adalah kemungkinan terjadinya siklus menstruasi yang melambat :

    1. Sedang hamil
    2. Sedang dalam masa menyusui
    3. Kegemukan atau obesitas
    4. Olahraga yang berat dan intensif
    5. Gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa
    6. Sedang mengkonsumsi obat kontrasepsi
    7. Gangguan hormon
    8. Gangguan rahim atau ovarium
    9. dan lainnya
    Jika Anda merasa khawatir, Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih mendetail demi mendapatkan diagnose yang lebih akurat. Laman-laman ini dapat membantu Anda dalam memahami lebih dalam tentang siklus menstruasi : http://www.alodokter.com/menstruasi/ http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Dan berikut ini adalah diskusi yang berkaitan dengan gangguan-gangguan haid dalam komunitas : http://www.alodokter.com/komunitas/topic/datang-bulan-tidak-lancar/#post-8394 http://www.alodokter.com/komunitas/topic/menstruasi-tidak-lancar-2/ Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.