Tanya Dokter

  • Apakah hubungan suami istri mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Dok saya mau bertanya..nama saya ely,rumah di blora Jateng.saya sudah 10 bln menikah..suami kerja di jakarta.setiap akan pulang ke rumah saya sllu menyuruh agar pulang pada tanggal setelah saya menstruasi. Saat suami saya bekerja,pasti jadwal mens saya teratur telat paling 3 hari paling lama 5hari. .dan saat mens waktunya 7hari sudh selesai ato trkadang ada flek2 sehingga slesai mens dapat 10 hari.. Saat suami saya pulang kemarin, itu hrusnya jadwalnya saya mens.kami melakukan hub pasutri.wktu itu kluar darah spti mens.saya menduga itu mens.keesokan harinya sampai 1 minggu tidak ada darah,hanya flek2 coklat seperti mau mens.stlh 1 minggu tadi baru kluar darah dan berhenti pada 1 minggunya kemudian. .yg saya tanyakan dok,apakah melakukan hubungan suami istri itu mempengaruhi siklus mens..?dan kejadian ini tdk pertama x nya saja dok. .maksh dok.

    Balas dong dok. .trma ksh. .

    Hello, Siklus menstruasi terjadi akibat hormone dalam tubuh wanita sehingga terjadi proses pengeluaran sel telur dari ovarium dan penebalan dinding rahim dengan maksud untuk persiapan pembuahan. Namun jika tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim yang telah menebal dan sel telur yang sudah ada dalam lahir, keluar dari rongga vagina berupa darah menstruasi. Jika terjadi perubahan kadar hormone maka akan mempengaruhi waktu pengeluaran sel telur atau penebalan dinding rahim. Hal tersebut bisa berupa siklus yang lebih cepat atau lebih lambat atau bahkan menjadi berhenti sama sekali atau perdarahan terus menerus. Faktor-factor yang bisa mempengaruhi perubahan hormone dalam tubuh antara lain:

    1. Kehamilan
    2. Menyusui
    3. Kegemukan
    4. Gangguan pada saluran reproduksi seperti kista, kanker atau polip
    5. Penyakit kelenjar endokrin seperti gangguan tiroid
    6. Gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa
    7. Faktor fisik seperti olahraga yang berat atau aktivitas yang berat
    8. Faktor psikis seperti stress
    9. Penggunaan obat tertentu
    10. Penggunaan alat kontrasepsi
    11. dan lainnya
    Untuk kasus Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter karena dokter akan mengidentifikasi pola mentruasi Anda beberapa bulan terakhir secara detail, mengidentifikasi kemungkinan factor-factor yang mempengaruhi dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan kadar hormone. Anda dapat membaca artikel berikut mengenai waspada terhadap siklus mentruasi yang tidak normal : http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean