Tanya Dokter

  • Menstruasi 2 bulan yang kadang sedikit dan kadang banyak

  • malam dok.. Saya remaja berusia 20 tahun dan belum menikah. Saya ingin konsultasi terkait haid saya yang tidak teratur. Saat ini saya sedang menstruasi namun sudah masuk 2 bulan gak berhenti. Kadang berhenti hanya 2 hari lalu kemudian keluar lagi. Itupun keluarnya kadang bukan darah merah tapi coklat dan kadang juga dalam jumlah yang banyak, menggumpal (darah merah) dan biasa sedikit. Baunya juga tidak seperti darah dok. Kemarin sudah 3 hari berhenti keluar dan hanya keluar coklat2 sj. Tapi hari ini keluar banyak dok dan darah merah. Saya tidak mengalami sakit perut namun kepala pusing dan rasa mual. Biasanya Keluarnya dlm jumlah yg bnyk ketika sy dlm keadaan lelah. Saya ragu itu darah haid, sy pikir darah isthihadah, oleh karenanya salah lanjutkan puasa saya. Saya ragu karena memang sudah hampir 8 bulan saya tidak haid. Mungkin itu adalah darah kotor yg trkumpul, atau bagaimana dok? Mohon dijawab yahhh.. :)

    Halo Ayun, Siklus menstruasi yang normal adalah setiap 28 sampai 35 hari, dengan periode 2 sampai 7  hari. Jumlah darah yang normal setiap hari adalah sekita 35-50 mililiter, atau sekitar 2-3 pembalut. Selain siklus tersebut, seperti yang Anda alami, akan dikategorikan sebagai gangguan siklus menstruasi. Gangguan siklus menstruasi dapat disebabkan oleh:

    • kelainan organ reproduksi, misalnya tumor, kista, atau polip pada rahim maupun kandung telur
    • kelainan hormonal
    • gangguan pembekuan pembekuan darah
    • infeksi rahim
    • radang rahim
    • luka
    • keganasan
    Selain itu, gaya hidup sehari-hari seperti diet yang ekstrim, olahraga yang terlalu berat, dan stress dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Tentu saja untuk menentukan penyebabnya diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan USG perut. Sebaiknya kondisi ini segera diperiksakan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. Salam sehat, dr. Tessi Ananditya

    Ayun Sri Rezkiana  Dewii Rosma W
    Anggota

    Dok saya mau 6 minggu pasca lahiran saya melakukan hubungan intim dengan suami saya dalam keadaan itu saya sudah selesai mengeluarkan darah slama bbrapa hari yg lalu setelah hubungan intim keesokan harinya mengeluarkan darah lagi apakah itu Masa PMS atau tidak wajar dok?