Tanya Dokter

  • Penyebab dan cara mengurangi sakit saat menstruasi

  •  anonymous
    Anggota

    Dok saya mau tanya. Saya punya keluhan saat menjelang haid saya merasakan pegal2 dibagian paha dan terkadang nyeri dibagian rahim. Hari pertama saat keluar darah saya merasakan sakit yang amat sangat luar biasa dibagian rahim, keringat dingin, mual dan rasanya saya hampir pingsan karna tidak kuat menahan sakitnya selain itu saya juga merasa kantuk jd ketika saya menahan sakitnya saya jg sering sekali menguap. Kejadian semacam itu sudah saya rasakan sejak SMA sampai sekarang usia saya 19th. Haid saya juga paling lama 3-4 hari saja, rasanya tidak imbang dengan sakitnya dan darah yg keluarpun tidak terlalu banyak. Yg saya mau tanyakan apa penyebab sakit yg saya rasakan dan apa yg bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit itu?trimakasih.

    anonymous  anonymous
    Anggota

    Nda mba darah keluar tidak terlalu banyak jd ganti pembalut ya ga sering. Bahkan bulan ini saya merasa bingung apa ini haid atau bukan. Karena darah yg keluar 2 warna sedangkan dihukumi haid itu darah pertama. Nah hari pertama kemarin darah yg keluar merah perkiraan dr jam 11 sampe sekitar jam 4sore stelah itu hitam dan sudah tidak keluar drah merah lg. Kalau dihitung itu tidak ada 24jam drah merah keluar.

    anonymous  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Vina, Jika pendarahan yang terjadi tidak seperti haid biasanya atau jika terjadi di luar masa haid yang normal, kemungkinan pendarahan yang terjadi tergolong abnormal. Dan untuk diagnosis penyebab pendarahan yang tidak normal, diperlukan setidaknya pemeriksaan fisik oleh dokter. Darah yang berwarna gelap bisa berarti darah yang telah menggumpal. Dengan memeriksakan diri ke dokter, dokter juga bisa memastikan bahwa kamu tidak mengidap infeksi apa pun. Atau jika memang ada infeksi, bisa segera diobati. Dr Liyadi

    anonymous  anonymous
    Anggota

    Oke trimakasih mba atas penjelasannya :-)

    anonymous  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Vina

    3-4 hari waktu haid termasuk normal.

    Kira-kira pada saat haid kamu seberapa sering mengganti pembalut? Apa saat tidur kamu harus bangun terus-terusan untuk mengganti pembalut? Apa kamu ada merasakan gejala-gejala anemia seperti pucat, sesak napas, detak jantung yang terasa berdenyut kencang dan bahkan pingsan saat masa-masa haid?

    Rasa sakit yang tiap orang rasakan pada saat haid itu juga berbeda-beda. Ada yang merasakan rasa sakit yang hebat yang memang sepenuhnya disebabkan oleh haid dan ada juga yang merasakan rasa sakit yang hebat saat haid karena kondisi atau penyakit tertentu. Untuk menentukan penyebab rasa sakit yang kamu rasakan, kamu perlu diperiksa oeh dokter.

    Rasa sakit yang disebabkan sepenuhnya oleh haid adalah hasil dari kontraksi otot dinding rahim. Otot-otot rahim berkontraksi guna mendorong keluarnya darah menstruasi. Jadi sebagian besar wanita merasakan kram perut atau rasa sakit karena proeses yang natural ini. Belum diketahui mengapa beberapa wanita merasakan sakit yang lebih daripada yang lain ketika rahim berkontraksi.

    Tetapi, ada juga kasus di mana sakit saat haid itu bukan hanya gara-gara kontraksi alami dinding rahim, tapi karena adanya kondisi atau penyakit tertentu. Berikut adalah kemungkinan lain penyebab rasa sakit yang hebat saat menstruasi:

    • Endometriosis
    • Fibroid
    • Adenomyosis
    • Penggunaan IUD (intrauterine device)
    • Penyakit radang panggul
    Untuk memastikan bahwa rasa sakit yang kamu alami itu adalah bagian dari menstruasi yang normal, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga mungkin USG untuk melihat organ-organ di panggul.

    Untuk sementara, kamu bisa mengonsumsi obat pereda sakit seperti parasetamol dan ibuprofen ketika sakit itu kambuh. Pastikan kamu mengonsumsi obat sesuai dengan aturan pakainya. Berolahraga juga dapat membantu meredakan sakit tersebut misalnya dengan berjalan sore atau bersepeda. Kamu juga bisa perlahan-lahan memijat bagian yang terasa sakit. Kompres dengan air hangat juga bisa membantu.

    Semoga membantu yah

     

    Dr Liyadi

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.