Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur

  • malam dok,saya mau tanya dok.. bulan februari kemarin saya datang bulan.. tapi bulan kemarin dan sampai saat ini saya belum juga datang bulan lagi dok.. saya takut hamil tapi saya belum pernah melakukan hubungan intim... kenapa ya dok??? apa mungkin saya terkena penyakit atau karena fajto faktor lain.. terimakasih dok.

    Hai, Menstruasi yang normal dialami oleh seorang wanita pada umumnya berlangsung antara 2-7 hari, dengan jarak antara hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi selanjutnya (panjang siklus) berkisa antara 28-35 hari. Keadaan dimana seorang wanita yang normalnya mengalami menstruasi secara teratur namun tiba-tiba berhenti mengalami menstruasi dalam dunia medis masuk ke dalam kategori kondisi medis yang bernama amenorrhea. Kemungkinan penyebab terjadinya amenorrhea beraneka ragam, diantaranya :

    1. hamil - untuk terjadinya kehamilan diperlukan adanya pembuahan, yaitu pertemuan antara sel ovum dan sel sperma
    2. menopause
    3. stres psikis
    4. berolahraga terlalu berat dan terlalu sering
    5. mengalami gangguan pola makan
    6. gangguan keseimbangan hormon - termasuk yang disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi (KB)
    7. gangguan kelenjar tiroid
    8. sindrom ovarium polikistik
    9. ovarium yang berhenti berfungsi lebih dini
    10. dan lainnya
    Untuk menentukan apa yang mendasari terjadinya keluhan yang Anda alami, maka sebaiknya Anda memeriksaka diri secara langsung ke dokter umum, atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn). Dokter perlu untuk menanyakan riwayat yang berkaitan dengan keluhan secara lebih rinci, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, contohnya seperti tes lab darah, urin, USG, HSG. Penanganan yang diberikan oleh dokter akan bergantung kepada apa yang ditemukan menjadi penyebab terjadinya kondisi tersebut. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda coba untuk membantu mengembalikan siklus normal menstruasi Anda :
    • cukup istirahat
    • hindari stres
    • konsumsi makanan secara cukup dengan gizi seimbang
    • berolahraga teratur dan tidak berlebihan
    Anda dapat membaca artikel berikut yang terkait dengan kondisi Anda : mewaspadai menstruasi yang tidak normal   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari