Tanya Dokter

  • sakit perut bagian bawah, diserta mual, keringat dingin, bahkan pingsan saat menstruasi

  • Pgi dok nama saya desi sugiarti umur 22 thun.saya mau tanya kenpa setiap kali saya dateng bulan selalu merasakan skit banget di perut bagian bawah,saya juga merasa mual,lemes,pucat keluar keringat dingin bahkan saya bisa sampai pingsan.klu boleh tau itu kenapa ya?

    Hai, Nyeri saat haid pada setiap wanita berbeda-beda.Gejala yang dirasakan dapat berupa rasa sakit di perut bawah, punggung bawah atau pinggul. Dapat juga disertai mual, muntah, diare, atau pusing.Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh prostaglandin suatu bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh . Nyeri haid seperti ini digolongkan nyeri haid primer sedangkan nyeri haid sekunder  dapat juga akibat gangguan organ reproduksi seperti :

    1. Endometriosis
    2. Adenomiosis
    3. Radang Panggul
    4. Fibroid
    5. Konstrasepsi dalam rahim (IUD)
    6. Stenosis leher rahim
    Konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk mencari penyebab pasti nyeri haid yang anda rasakan. Beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri saat haid:
    1. Kompres hangat pada perut bagian bawah
    2. Pijat di ringan pada perut bawah dan pinggul atau punggung bawah
    3. Mandi air hangat
    4. Istirahat atau relaksasi
    5. Hindari alkohol dan rokok
    6. Hindari stres
    7. Dapat konsumsi obat pereda nyeri
    8. Dapat konsumsi suplemen. Beberapa penilitian mengindikasi bahwa vitamin E, omega-3, vitamin B1, vitamin B6 dan Magnesium dapat mengurangi nyeri saat haid
    Baca juga artikel tentang Penyebab nyeri haid tidak tertahankan Salam, dr. Agnes Maureen

    Pagi saya sakilah umur 18 tahun. Dok saya mau bertanya.. saya mengalami sakit saat haid itu sudah biasa tapi baru td malam saya mengalami sakitnya sampai pingsan dan saat saya dibawa kepuskesmas saya diperiksa.. Dokter trsbt memeriksa bagian bawah perut sebelah kanan. Dan pd saat dokter itu menekan perut saya.. saya sangat terasa sakit.. dan dokter itu berkata gangguan di perut saya antara radang usus buntu , batu empedu, dan kista ovarium.. apakah yang dikatakan dokter trsbt benar apa tidak? Saya Blm brani untuk cek ke dokter kandungan