Tanya Dokter

  • perut kram saat awal menstruasi

  •  Silvi
    Anggota

    Selamat pagi dok,

    Saya mau tanya. Tiap menstruasi, perut saya selalu kram di hari pertama dan kedua. Lalu darah menstruasi tersebut bercampur seperti lendir bening. Keluarnya darah haid juga tidak lancar, karena saat tidur darah haid tersebut tidak keluar terlalu banyak seperti saat beraktivitas.

    Apa kira-kira ada gangguan pada tubuh saya, mungkin pada pola makan atau lainnya?

     

    terima kasih.

    Hai, Saat menstruasi, terjadi pelepasan zat kimia prostaglandin yang merangsang kontraksi rahim dan berperan dalam timbulnya rasa nyeri. Makin tinggi kadar prostaglandin, maka rasa nyeri juga akan semakin bertambah. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri haid berlebihan:

    • endometriosis
    • fibroid rahim
    • adenomiosis, di mana jaringan lapisan paling dalam rahim tumbuh ke dalam dinding otot rahim
    • penggunaan kontrasepsi di dalam rahim
    Gaya hidup, seperti kurang istirahat, pola makan, kondisi stres, maupun gangguan kelenjar tiroid, juga dapat berpengaruh pada menstruasi yang terjadi. Usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur. Lakukan olahraga rutin dan memiliki berat badan ideal. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Tidak merokok. Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut, Anda sebaiknya periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti USG. Langkah penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya.     Semoga bermanfaat, dr. Jessica